PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS LITERASI UNTUK SISWA KELAS 4 SDN SUMBERJO 1 KECAMATAN WIDANG

  • Siti Kusniah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: e-book, membaca, menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas proses pengembangan buku elektronik berbasis literasi untuk siswa kelas 4 SDN Sumberjo 1 Kecamatan Widang. Untuk mengetahui tingkat kelayakan buku elektronik berbasis literasi untuk siswa kelas 4 SDN Sumberjo 1 Kecamatan Widang. Penelitian ini termasuk penelitian Pengembanagan R&D (Research and Development) dengan pendekatan berbasis literasi. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Sumberjo 1 Kecamatan Widang dengan jumlah siswa 19. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, angket, dokumentasi, catatan lapangan, hasil validasi. Perolehan hasil validasi dari para ahli yaitu ahli media dengan presentase kevalidan sebanyak 97,72% termasuk dalam kategori sangat valid,  ahli materi dengan presentase kevalidan sebanyak 84.09% termasuk dalam kategori sangat valid, ahli bahasa dengan presentase kevalidan sebanyak 100% termasuk dalam kategori sanagat valid.

 

Kata Kunci: Buku elektronik, literasi

References

[1] P. R. Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional, 2003.
[2] M. Munir, “Penggunaan Learning Management System (Lms) Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Pendidikan Indonesia,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 1, no. 1, 2010.
[3] M. Saroni, “Meningkatkan Kualitas dan Profesionalitas Guru.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
[4] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
[5] N. A. Wiratama and A. Agustin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas IV SDN Gedongombo 6 Kabupaten Tuban,” Efektor, vol. 8, no. 1, pp. 69–78, 2021.
Published
2021-08-28
How to Cite
Kusniah, S., & Angga Wiratama, N. (2021). PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS LITERASI UNTUK SISWA KELAS 4 SDN SUMBERJO 1 KECAMATAN WIDANG. Prosiding SNasPPM, 6(1), 395-401. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/520