PENGABDIAN MASYARAKAT USAHA “WARUNG BU PRI” DI SURABAYA BARAT

  • Subaderi Subaderi UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • Onny Purnamayudhia
Keywords: UKM, Alat Blender, Kuliner, Produksi, Manajemen, EOQ

Abstract

Makanan Kuliner adalah makanan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Kesannya yang serba tradisional, sangat diminati oleh konsumen. Atas dasar itulah, maka Tim Pengusul melakukan survey sekaligus menjalin kerjasama dengan Mitra UKM dalam rangka Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Internal UWP. Profil Mitra UKM Berlokasi di wilayah Manukan Mukti, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes. Usaha Mitra UKM, bernama “Warung Bu Pri”. Permasalahan yang dihadapi Mitra UKM selama ini adalah volume produksi yang sedikit serta omzet penjualan yang berkurang. Selain itu dari segi pemasaran produk hanya pada satu lokasi dengan mengandalkan pemasaran produk dari mulut ke mulut. Dalam inovasi produknya masih belum memiliki kemasan yang menarik serta desain label. Pengelolaan pembukuan juga belum jelas, tidak ada pemisahan kebutuhan bahan baku, bahan penunjang serta biaya tenaga kerja. Solusi yang ditawarkan kepada Mitra yaitu 1) pelatihan proses produksi dengan pengadaan 1 (satu) unit alat blender pengolah bumbu masakan serta memberikan guidance proses produksi dengan metode Economic Order Quantity (EOQ)., 2) pelatihan pemasaran produk degan cara membuat perencanaan strategi, segmentasi, targetting dan positiong pasar serta pembuatan media sosial/online., 3) pelatihan kewirausahaan (inovasi) dengan membantu membuatkan kemasan yang ramah lingkungan serta desain label produk., 4) pelatihan administrasi keuangan dengan memberikan panduan buku manajemen keuangan dan penerapannya pada pembukuan/laporan keuangan. Setelah pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat ini, perlu adanya evaluasi dan monitoring. Tentunya,  diharapkan terjalin komunikasi antara Tim dan Mitra untuk keberlanjutan pengembangan usaha, jika diperlukan.

References

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Cetakan 1. Yogyakarta : Gava Media.

Dadang Prasetyo Jatmiko. 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Diandra Kreatif. Yogyakarta.

Fadly Rahman. 2018. Kuliner Sebagai Identitas Keindonesiaan. Jurnal Sejarah Vol 2(1) 43-63, Pengurus Pusat

Masyarakat Sejarawan Indonesia, Departemen Sejarah & Filologi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2018. Principle of Marketing. Edisi 15 Global Edition, Pearson.

Slamet, F., Hetty, k., dan Mei L. 2016. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Edisi kedua. Indeks. Jakarta.

Astana, Yudha I Nyoman. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Berdasarkan Metode MRP (Material Requirements Planning), Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 11, No. 2, Juli 2007.

Prishadi, Rahardyan, Dwa. 2012. Efisiensi Metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Bahan Baku dan Pengaruhnya terhadap Total Biaya Pembelian Pada PT. Amitex Buaran Kabupaten Pekalongan, Universitas Diponegoro, Semarang.

Herjanto, E. 2016. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Grasindo.

Kusuma, Hendra. 2017. Manajemen Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi Tiga – Yogyakarta.

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.

Galavan, R. 2014. Doing Business Strategy. Ireland : NuBooks.

Hasan, A. 2013. Marketing. Cetakan Pertama. Media Pressdindo Yogyakarta.

A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.

K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-2. Bandung : Alfabeta.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan keenam. Jakarta

Published
2021-08-28
How to Cite
Subaderi, S., & Onny Purnamayudhia. (2021). PENGABDIAN MASYARAKAT USAHA “WARUNG BU PRI” DI SURABAYA BARAT. Prosiding SNasPPM, 6(1), 184-187. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/524