PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Studi kasus di SD Negeri Sugihan 01 Kelas V

  • Prima Aprillianti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: digital, matematika, multimedia, karakteristik siswa, interaktif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan e-book dengan aplikasi book creator pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-book dengan aplikasi book creator pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), desain (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa e-book dengan aplikasi book creator yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid untuk digunakan dengan presentase untuk ahli materi 82% dan ahli media 79%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa e-book dengan aplikasi book creator yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 82 % dan angket respon siswa 82%. Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 82%.  Data yang dihasilkan dari angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa e-book dengan aplikasi book creator yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

[1] E. Yayuk, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, vol. 1. UMMPress, 2019.
[2] A. Susanto, TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN di Sekolah Dasar, 4th ed. Prenadamedia Group, 2016.
[3] K. S. Octamela, G. Suweken, and I. M. Ardana, “Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 305–315, 2019.
[4] I. REYNALDO, “PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI SIGIL PADA MATERI ALAT OPTIK SMA/MA.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
[5] A. W. Prasetyo, “Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Untuk Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka Di Smk Negeri 11 Semarang.” Universitas Negeri Semarang, 2017.
[6] D. Haris, Panduan Lengkap E-book Strategi Pembuatan & Pemasaran E-book, 1st ed. Cakrawala, 2011.
[7] A. P. A. S. Guide, “Book Creator.”
[8] V. Puspitasari and D. A. Walujo, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DIFERENSIASI MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK PEMBELAJARAN BIPA DI KELAS YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERAGAM,” J. Educ. Dev., vol. 8, no. 4, p. 310, 2020.
[9] W. A. Sayekti and R. W. Y. Putra, “KUMPULAN 100 SOAL DAN PEMBAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR DAN SISI LENGKUNG.” CV. MADANI JAYA, 2020.
[10] Purnomosidi, Wiyanto, Safiroh, and I. Gantiny, Senang Belajar Matematika, 1st ed. 2018.
[11] M. Pratiwi, “PENGARUH PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG (PenelitianEksperimenterhadapSiswaKelas IV di SD Negeri 1 ArjawinangunKecamatanArjawinangunKabupaten Cirebon).” UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2016.
[12] Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 27th ed. ALFABET CV, 2018.
[13] E. Isnaini, “Pengembangan Sumber Belajar IPS Bentuk Majalah dengan Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP.” Skripsi, 2014.
[14] A. Budiarti, “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar.” University of Muhammadiyah Malang, 2017.
[15] M. Yulianti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri SMK Bidang Teknologi,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, 2016.
Published
2021-08-28
How to Cite
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). PENGEMBANGAN E-BOOK DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 6(1), 80-88. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/526