ANALISIS DAN UPAYA PENINGKATAN PEDAGOGIC & TEACHING SKILL PADA GURU MADRASAH IBTIDAIAH

  • Kiki Septaria Universitas Islam Lamongan
  • Miftahus Sholihin Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Lamongan
  • Abdul Kholiq Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Islam Lamongan
  • Erna Hayati Prodi Akuntansi, Universitas Islam Lamongan
  • Vanesta Ikhsana Putri Maulana Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Lamongan
Keywords: pedagogic; teaching skill; madrasah; kualitas pembelajaran.

Abstract

Pedagogic dan teaching skill guru merupakan kolaborasi dari setiap individu guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur peningkatan pedagogic serta teaching skill guru pada MI Murni Lamongan. Sasaran pada kegiatan ini adalah 60 guru yang bekerja di lingkungan MI Murni yang mengajar seluruh mata pelajaran. Metode yang digunkan dalam kegiatan ini yaitu metode tes kognitif untuk mengukur pedagogic guru serta metode observasi untuk mengukur teaching skill guru. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat kelemahan pada pedagogic yang memiliki kriteria rendah dan teaching skill yang lemah pada guru perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Namun melalui kegiatan workshop, kelemahan-kelemahan yang diperoleh dapat dioptimalkan dengan kriteria sedang.  Kegiatan pengukuran pedagogic dan teaching skill ini perlu rutin dilakukan minimal satu tahun sekali untuk mengontrol dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang nantinya berdampak pada kualitas Lembaga madrasah

References

Alwiyah D, Imaniyati N. 2018. Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. J MANAJERIAL. 17(1):95.
[2] Ambarawati M. 2016. Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. Pedagog J Pendidik. 5(1):81.
[3] Antika LT, Haikal M. 2019. Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi: Analisis Berbasis Gender. JPBIO (Jurnal Pendidik Biol. 4(2):101–107.
[4] Arsana IKS. 2020. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Sos Horiz J Pendidik Sos. 6(2):269.
[5] Chee J, Othman MMNAJ, Rahman MNA. 2018. ISU PENGETAHUAN KANDUNGAN, PEDAGOGIC DAN TEKNOLOGI DALAM KALANGAN GURU PRASEKOLAH. (1):7–21.
[6] Dewi Veronica AL. 2021. The Role of Learning Motivation to Mediate the Factors Affecting Basic Accounting Learning Outcomes. 10(1):54–64.
[7] Ignasius, Dwi Cahyadi Wibowo AK. 2020. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PARADIGMA PEDAGOGIC REFLEKTIF. 6(April):119–130.
[8] Indriani F, Hidayah N, Hidayah Y. 2021. Pelatihan Pengembangan Subject Spesific Pedagogic Tematik Berbasis TPACK Bagi Guru SD Muhammadiyah di Wilayah Sleman Yogyakarta. Prima Abdika J Pengabdi Masy. 1(2):65–72.
[9] Jaya HN. 2017. KETERAMPILAN DASAR GURU Pendidikan Nasional Guru adalah Menurut Undang-undang. Pendidik dan Ilmu Pengetah. 17(1):23–35.
[10] Nugraha I, Widodo A. 2020. GURU BIOLOGI SMP MELALUI ANALISIS REKAMAN VIDEO PEMBELAJARAN. 8(1):10–26.
[11] Nurhidayati E. 2017. Pedagogic Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indones J Educ Couns. 1(1):1–14.
[12] Nurwahidah I. 2020. Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Ipa Program Studi Pendidian Ipa. EduTeach J Edukasi dan Teknol Pembelajaran. 1(2):22–33.
[13] Rantesalu MB. 2020. Karakter Kejujuran dalam Gereja Masa Kini. J Ilmu Teol dan Pendidik Agama Kristen. 1(1):43.
[14] Septaria K. 2019. Mengeksplorasi Argumentasi dan Pengetahuan Pendidik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tentang Pemanasan Global [Exploring the Arguments and Knowledge of Natural Sciences (IPA) Educators on Global Warming]. Pedagog J Pendidik. 8(2):247.
[15] Septaria K, Dewanti BA. 2021. Implementation of Project Based Learning on Student Reasoning on Covid-19 Disaster Mitigation. 9(1):20–27.
[16] Septaria K, Dewanti BA, Afidah MI El. 2020. Development Of Module Disaster Mitigation Based On Stem For Secondary Schools. J Peneliltian Pendidik IPA. 5(2):61–68.
[17] Sufiati V, Afifah SN. 2019. Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. 8(1):48–53.
[18] Wahyulestari MRD. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar Di Sekolah Dasar. Pros Semin Nas Penelitian, Pendidik dan Penerapan MIPA.:199–210.
Published
2021-08-28
How to Cite
Septaria, K., Sholihin, M., Kholiq, A., Hayati, E., & Maulana, V. I. P. (2021). ANALISIS DAN UPAYA PENINGKATAN PEDAGOGIC & TEACHING SKILL PADA GURU MADRASAH IBTIDAIAH. Prosiding SNasPPM, 6(1), 196-202. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/528