IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICE PADA SISTEM INFORMASI DESA

STUDI KASUS DESA PENGALANGAN KECAMATAN MENGANTI KABUPATEN GRESIK

  • Suryo Atmojo universitas wijaya putra
  • Ruli Utami
  • Suzana Dewi
  • Nurwahyudi Widhiyanta

Abstract

Sistem informasi dapat dikatakan baik yaitu sistem dapat memberikan kemudahan dalam penyajian informasi, juga harus dapat bertahan saat mengalami gangguan dan mampu beradaptasi. Kemampuan dalam menghadapi gangguan serta beradaptasi dinamakan resiliensi. Salah satu arsitektur sistem informasi yang kurang memiliki kemampuan resiliensi yaitu arsitektur monolitik, dimana backend dan frontend dijadikan satu dalam services yang sama, serta menjalankan semua logika dalam satu server aplikasi

Microservice memungkinkan pengembangan fungsi perangkat lunak dipecah menjadi bagian – bagian service yang kecil dan terfokus menjadikan service akan memiliki kemampuan resource yang bisa diatur dengan tepat dan membagi fungsionalitas aplikasi menjadi layanan yang kecil dan saling berhubungan menjadi satu kesatuan bisnis proses aplikasi.

Perancangan Sistem Informasi Desa berbasis microservice ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada sistem informasi berbasis arsitektur monolitik khususnya pada sistem informasi desa. Pada penelitian ini, studi kasus berfokus pada permasalahan pada Sistem Informasi  Desa Pengalangan seperti, kebutuhan sistem yang cepat berubah, kebutuhan sistem yang dapat dengan mudah diperluas, aksesibilitas yang hanya tergantung pada satu teknologi, tumpukan administrasi, file yang semakin banyak, pembuatan laporan yang membutuhkan waktu dikarenakan proses pengumpulan data masih manual, permasalahan keamanan sistem bagi desa yang sudah menggunakan sistem informasi, dan pengembangan sistem yang tidak mudah dikarenakan harus merombak sistem yang sudah ada. Dengan menggunakan arsitektur microservice, kinerja pelayanan perangkat desa akan meningkat dan menjadi lebih cepat, mudah untuk dilakukan perluasan proses bisnis pada sistem, serta keamanan sistem terjaga.

References

[1] I. Redbooks, Microservices from Theory to Practice. 2015.
[2] N. Dragoni et al., “Microservices: Yesterday, today, and tomorrow,” in Present and Ulterior Software Engineering, 2017.
[3] K. Katuwal, “Microservices : A Flexible Architecture for the Digital Age Version 1 . 1,” Am. J. Comput. Sci. Eng., vol. 3, no. 4, 2016.
[4] G. Munawar and A. Hodijah, “Analisis Model Arsitektur Microservice Pada Sistem Informasi DPLK,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 3, no. 1, 2018.
[5] A. Garindra, T. Wati, and I. W. Widi P, “Perancangan Arsitektur Microservices Untuk Resiliensi Sistem Informasi Perpustakaan Pusat (Studi Kasus UPN Veteran Jakarta),” Format J. Ilm. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.22441/format.2020.v9.i2.001.
[6] A. Messina, R. Rizzo, P. Storniolo, and A. Urso, “A Simplified Database Pattern for the Microservice Architecture,” Eighth Int. Conf. Adv. Databases, Knowledge, Data Appl., no. June, 2016.
[7] C. Setya Budi and A. M. Bachtiar, “Implementasi Arsitektur Microservices pada Backend Comrades,” Progr. Stud. Tek. Inform. Univ. Komput. Indones., 2018.
[8] S. Dharma Handayani and U. Uminingsih, “Pengorganisasian Kerja Sistem Parkir Menggunakan Arsitektur Microservice,” J. Teknol., vol. 13, no. 1, 2020.
[9] R. Mufrizal and D. Indarti, “Refactoring Arsitektur Microservice Pada Aplikasi Absensi PT. Graha Usaha Teknik,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, 2019, doi: 10.25077/teknosi.v5i1.2019.57-68.
[10] J. A. H. D. D. A. Anggi Elanda, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA (SIPAKDE) BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” J. Interkom, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i4.58.
[11] Paryanta, Sutariyani, and S. Desi, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Berbasis Web Desa Sawahan,” IJSE - Indones. J. Softw. Eng., 2017.
[12] S. Syaharuddin and M. Ibrahim, “APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA SEBAGAI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENDATAAN PENDUDUK DAN POTENSI DESA,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), 2017, doi: 10.31764/jmm.v1i1.14.
[13] R. Akbar, “Pembangunan Aplikasi Web dengan Fitur Mobile untuk Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Kantor Wali Nagari Pagaruyung,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2017, 2017.
[14] M. D. Rafiqi, E. Subyantoro, and D. K. W, “Implementasi Arsitektur Microservice Pada Aplikasi Online Travel Tourinc,” Karya Ilm. Mhs. Manaj. Inform., vol. 1, no. 1, 2019.
[15] C. Kesuma and M. D. Juniati, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAKSA) Berbasis Web pada Desa Alangamba Kabupaten Cilacap,” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, 2020.
Published
2021-08-28
How to Cite
Atmojo, S., Utami, R., Dewi, S., & Widhiyanta, N. (2021). IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICE PADA SISTEM INFORMASI DESA. Prosiding SNasPPM, 6(1), 43-48. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/529