PEMBINGKAIAN BERITA MEDIA ONLINE bloktuban.com PADA MASA KAMPANYE LINDRA-RIYADI TAHUN 2020

  • Satya Irawatiningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nibrosu Rohid Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: pembingkaian berita, media online, kampanye

Abstract

Abstrak

Indonesia sebagai negara demokrasi menerapkan sistem one man one vote atau satu orang satu suara dalam memilih pemimpinnya, baik di tingkat desa maupun pusat. Pada pelaksanaan pilkada era pandemi Covid-19 terdapat perubahan mekanisme dalam masa kampanye. Perubahan pada tahapan kampanye yang sangat signifikan adalah dihapusnya kampanye Rapat Umum dan pembatasan peserta kampanye. Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah yang mengikuti pemilihan kepala daerah atau pemilihan bupati pada era pandemi Covid-19 ini. Pelaksanaan pilkada akan menjadi salah satu berita yang menarik bagi setiap media. Pemberitaan media blokTuban.com sudah dimulai dari awal tahapan Pilkada 2020. Setiap media pasti melakukan pembingkaian terhadap berita-berita yang disajikan. Sehingga dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pembingkaian yang dilakukan oleh media online blokTuban.com pada berita kampanye Lindra-Riyadi. Analisis yang digunakan adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki. Dengan menggunakan empat aspek dalam menganalisnya, maka didapatkan hasil bahwa pembingkaian yang dilakukan oleh media online blokTuban.com dilakukan melalui pemilihan sumber berita, retorika, dan pemilihan foto untuk melengkapi berita. Di samping itu media ini membentuk citra positif untuk pasangan Lindra-Riyadi. Namun, pemberitaan yang berkaitan dengan kampanye selama kurun waktu bulan September hingga Desember 2020 terlalu sedikit.

 

Kata Kunci: pembingkaian berita, media online, kampanye

References

[1] Amri, S. 2017. Konstruksi Content Agregator dalam Media Online (Analisis Framing Pada Pemberitaan Penetapan Basuki Tjahaja Purnama Sebagai Tersangka Penistaan Agama 16 November 2016 di Solopos.com), Skripsi (online), https://onesearch.id/Record/IOS3440.1421, diakses 30 Juni 2021.
[2] Eriyanto, 2012, Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS Group
[3] Gudykunst dan Mody, 2002. International and Intercultural Communication, Sage Publication.
[4] Nurhadi, Z. F. 2015. Teori-teori Komunikasi: Teori Komunikasi dalam Perspektif Penelitian Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
[5] Pfau and Parrot, 1993. Persuasive Communication Campaign, Canada: Pearson Education.
[6] Rogers, E. M., & Storey J. D. 1987. Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.), Handbook of Communication Science, New Burry Park; Sage.
[7] Romli, Asep Syamsul, 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
[8] Sudibyo, Agus. 1999. Citra Bung Karno, Analisis Berita Pers Orde Baru, Yogyakarta: Bigraf.
[9] Suryawati, Indah. 2014. Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Published
2021-08-28
How to Cite
Irawatiningrum, S., & Rohid, N. (2021). PEMBINGKAIAN BERITA MEDIA ONLINE bloktuban.com PADA MASA KAMPANYE LINDRA-RIYADI TAHUN 2020. Prosiding SNasPPM, 6(1), 287-292. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/538