PENINGKATAN KAPASITAS PROMOSI PRODUK UMKM DENGAN MEDIA E-COMMERCE DI KECAMATAN PAKISAJI, KABUPATEN MALANG
Keywords:
UMKM, Penyuluhan, e-commerceAbstract
UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19 sehingga membutuhkan banyak dukungan agar mampu bertahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan e-commerce untuk pemasaran produk. Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas SDM UMKM dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang melalui penyuluhan oleh narasumber yang berkompeten. Evaluasi dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini rata-rata belum menggunakan e-commerce untuk pemasaran. Adanya kegiatan ini telah membuka wawasan tentang bagaimana kita sukses dalam usaha dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti pada saat ini. Selain itu, peserta juga memiliki pengetahuan tentang cara memperluas pemasaran produk UMKM terbukti dengan keinginan yang tinggi untuk menggunakan e-commerce.
References
[2] Fizriyani, W. 2020. Bupati: Kabupaten Malang Berpotensi Jadi Penggerak UMKM. Retrieved from : https://republika.co.id/berita/qenc80380/bupatikabupaten-malang-berpotensi-jadi-penggerak-umkm. Tanggal 7 Agustus 2020.
[3] Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang. 2020. Survey UMKM 2020. Tidak dipublikasikan.
[4] Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Malang. 2020. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19. Laporan Penelitian.
[5] Fadila R.U . 2020. Retrieved from : https://www.pikiranrakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19. Tanggal 9 Mei 2020.
[6] Nugroho, Agung. 2020. Dampak Covid-19, UMKM Jatim Berpotensi Merugi 100 Persen. Retrieved from : https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2020/04/27/191203/dampak-covid-19-umkm-jatim-berpotensi-merugi-100-persen. Tanggal 27 April 2020.
[7] Leny Muniroh1, Diah Yudhawati2, Hurriyaturrohmantar. 2017. “Pelatihan Pemasaran Secara Online Pada UMKM Tas Di Bojong Rangkas Ciampea Kabupaten Bogor.” Fakultas Ekonomi Universitas Ibn Khaldun Bogor.
[8] Setyorini, Dini, Ety Nurhayaty, and Rosmita Rosmita. 2019. “Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba Umkm (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat).” Jurnal Mitra Manajemen 3(5): 501–9.
[9] Eva, Agustine. 2007. “Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet Untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah.” In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI),.
[10] Disa, Syaharullah. 2011. “E-Commerce Sebagai Solusi Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm).” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 1(2).