PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BEKEN (BElajar KEren dan kekiniaN) SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI POTENSI GURU MADRASAH DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
pelatihan, media pembelajaran, e-book, gameAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat Pelatihan Pembuatan Media Belajar Keren dan Kekinian (Beken) di dua mitra yaitu MTs Nurul Huda Kragan dan MA Nurul Huda Kragan Rembang. Sekolah tersebut dipilih karena kemampuan IT peserta didik dan guru yang rendah serta belum pernah menggunakan aplikasi book creator dan wordwall dalam pembelajaran daring. Pelaksanaan pelatihan selama dua hari. Peserta pelatihan memperoleh informasi terkait cara membuat e-book menggunakan aplikasi book creator dan game menggunakan aplikasi wordwall pada saat penjelasan dan pemaparan materi oleh tim pengmas. Peserta pelatihan mampu membuat e-book dan game secara mandiri. Peserta pelatihan dapat mensharingkan dengan teman guru dan peserta didik di sekolah lain Peserta pelatihan dapat menggunakan produk e-book dan game hasil pengembangannya saat pembelajaran daring. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNIROW mampu memberikan beberapa hasil, antara lain: (1) terciptanya sinergi antara UNIROW dengan YPKSI Nurul Huda Kragan, (2) respon yang baik dari peserta pelatihan dengan hasil angket sebesar lebih dari 90,52%.
References
[2] B. P. S. K. Rembang, “Rembang dalam Angka 2015.” Rembang, 2013.
[3] M. S. Fatwa, “Dinamika Pendidikan Masyarakat Nelayan di Desa Pandangan Wetan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang,” in Forum Ilmu Sosial, 2016, vol. 43, no. 1, pp. 38–45.
[4] D. R. H. DARMADI and M. PD, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage, 2019.
[5] S. E. M. Nomor, “tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19),” Jakarta Menteri Pendidik. dan Kebud. Republik Indones., 4AD.
[6] M. A. Baalwi, “Kendala guru dalam proses pembelajaran online selama masa pandemi ditinjau dari kemampuan information technology (IT) guru,” Lintang Songo J. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 38–45, 2020.
[7] N. Taradisa, “Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Min 5 Banda Aceh,” Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Min 5 Banda Aceh, pp. 1–11, 2020.
[8] R. Ceha, E. Prasetyaningsih, and I. Bachtiar, “Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran,” ETHOS J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 131–138, 2016.
[9] I. S. R. Widiyanti and S. Cacik, “PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH DI YPKSI NURUL HUDA KRAGAN REMBANG,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 1, pp. 238–241, 2020.
[10] A. A. Faisol, “Pengaruh penggunaan e-book sebagai sumber belajar sejarah terhadap prestasi belajar siswa Kelas X IPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.
[11] H. Hasbiyati and K. Laila, “Penerapan media e-book bereksistensi EPUB untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran IPA,” J. Pena Sains, vol. 4, no. 1, 2017.
[12] E. Nurhayati, “Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, pp. 145–150, 2020.
[13] I. A. Astuti, S. Suyanto, and S. Sukoco, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Game Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Inf. Interaktif, vol. 2, no. 1, pp. 10–20, 2017.
[14] E. P. Azrai and R. D. R. Dj, “Efektifitas Penerapan e-book sebagai Sumber Belajar Mandiri dalam Pembelajaran Biologi,” Pros. SEMIRATA 2013, vol. 1, no. 1, 2013.
[15] U. Rahmi, A. Hidayati, and A. Azrul, “PELATIHAN E-LEARNING UNTUK MENGINTEGRASIKAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMA,” Panrita Abdi-Jurnal Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2020.