PEMBERDAYAAN SISWA SISWI TERAMPIL BERMEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA DAN REPUTASI SMAN 26 BANDUNG
Keywords:
Citra, Reputasi, Majalah Dinding, Penerbitan, JurnalistikAbstract
PPM atau Pengabdian Pada Masyarakat ini berjudul : Pemberdayaan Siswa Siswi Terampil Bermedia Dalam
Upaya Meningkatkan Citra Dan Reputasi Sekolah melalui Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah
Menengah Atas Negeri 26 Bandung. Pengabdian pada masyarakat ini didasarkan pada hasil pengamatan yang
telah terlebih dahulu kami lakukan terhadap hasil produksi Majalah Dinding Siswa Siswi Sekolah Menengah
Atas Negeri (SMAN) 26 Bandung.
Beberapa masalah yang teridentifikasi adalah tentang apa faktor-faktor yang menyebabkan kurang
optimalnya produksi Mading di SMAN 26 Bandung; Bagaimana optimalisasi produksi Mading secara format
dan isi di SMAN 26 Bandung; Bagaimana solusi terhadap kurang optimalnya produksi Mading di SMAN 26
Bandung. Untuk membantu meningkatkan ketrampilan para siswa SMAN 26 Bandung, maka dalam PPM
2016 ini kami tim Prodi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran
memberikan pelatihan berkaitan dengan pengelolaan majalah dinding antara lain: membimbing peserta
pelatihan mulai dari tahap persiapan ,perencanaan, pelaksanaan hingga penerbitan majalah dinding.
Disamping itu dilakukan pula monitoring dan pendampingan selama tiga bulan berkaitan dengan penentuan
tema, pembuatan karya tulis serta penerapan jurnalistik dalam penerbitan majalah dinding yang tepat.
Kegiatan ini diharapkan akan memberikan manfaat langsung kepada siswa-siswi SMAN 26
Bandung sebagai siswa yang memiliki kemampuan dan keterampilan praktis dalam pengelolaan dan
penerbitan Majalah Dinding yang dapat diaplikasikan dikemudian hari. Kemampuan dan keterampilan ini
diharapkan dapat disebarluaskan kepada para siswa yang lainyang tidak ikut pelatihan. Dengan bekal
pengetahuan dan keterampilan mengelola Majalah Dinding yang baik dapat meningkatkan kredibilitas dan
citra positif SMAN 26
References
Depari, Eduard dan mcAndrew Colin. 1988. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Dwyer, Francis M. 1978. Strategies for Improving Visual Learning. Learning Service, Pensylvania
Effendy, Onong Uchjana. 1998. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-Dasar Pendidikan,Jakarta:Rieneka Cipta.
Jefkins, Frank. 1995. Public Relations. Alih Bahasa: Haris Munandar. Jakaqrta: Erlangga.
Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen P,ublic Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti
Keraff,Sonny,1991,Etika Bisnis Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur,Yogyakarta,Kanisius.
Nursito, 1999. Membina Majalah Dinding. Yogyakarta : Mitra Gama Widya.
Rachmadi, F. 1994. Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Galamedia Pustaka Utama.
Richard.L,Johanessen,1996,Etika Komunikasi,Bandung,Remaja Rosdakarya.
Rosidi, Ajip. 1983. Pembinaan Minat Baca dan
Sastra. Bina Ilmu, Surabaya.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa, Bandung. https://wanwa03.wordpress.com/2009/06/04/maja
lah-dinding-sekolah-dan-pengelolaannya/