PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UKM. POHONG KEJU DI SURABAYA BARAT

  • Onny Purnamayudhia UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • Subaderi Subaderi Universitas Wijaya Putra
  • Bachtiar Rahman Halik Universitas Wijaya Putra
Keywords: UKM, Alat Perajang, Kuliner, Produksi, Manajemen

Abstract

Program Pemberdayaan Masyarakat merupakan suatu program yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan bagi Mitra UKM, baik itu produksi dan manajemen pemasaranusaha. Setelah dilakukan survey, maka, Tim Pengusul Pemberdayaan Masyarakat menjalin kerjasama dengan Mitra UKM. “Pohong Keju” di Wilayah Tengger Raya, Kelurahan Kandangan, Kecamatan Benowo. Permasalahan yang dihadapi Mitra UKM Selama ini adalah hasil produksi yang belum ada peningkatan dan hanya mampu memenuhi kebutuhan konsumen pada segmen pasar terbatas. Hal ini disebabkan karena proses pengolahan produk makanan khas “Pohong Keju” masih menggunakan peralatan manual. Seiring dengan semakin banyaknya permintaan konsumen terhadap produk “Pohong Keju”, tim Pengusul pengabdian masyarakat menawarkan solusi kepada Mitra UKM agar produk diolah dengan menggunakan Alat Pemotong Pohong, agar produksi bisa berjalan lebih cepat dan hasil produksi lebih banyak. Metode yang diimplementasikan pada program pemberdayaan masyarakat (PPM) ini adalah pelatihan dan pendampingan proses olahan makanan yang efisien dan bermutu yang terdiri dari penyediaan alat, pembuatan media sosial, pembuatan label dan kemasan produk, penyusunan laporan keuangan serta penyusunan buku panduan manajemen mutu dan kesehatan. Selain itu, perlu dilaksanakan pelatihan dan pendampingan manajemen usaha yang baik, meliputi aspek-aspek : 1) Manajemen Pemasaran. 2) Manajemen Sumber Daya Manusia. 3) Kewirausahaan. 4) manajemen keuangan. 5) Manajemen Mutu dan Kesehatan.

References

[1] Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.
[2] Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Penerbit BPFE.
[3] Sartono Agus. 2013. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat, BPFE. Yogyakarta.
[4] Sarlina Palimbong dkk. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Olahan Umbi Singkong (manihot spp.). bagi pelaku UMKM Sektor Usaha Kaki Lima Di Salatiga. Abditani : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2) 67-72. e-ISSN : 2622-4690, p-ISSN : 2622-4682.
[5] Shinta Agustina. 2016. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UB. Press). Malang.
[6] Slamet, F., Hetty, k., dan Mei L. 2016. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Edisi kedua. Indeks. Jakarta.
[7] Susilo, Willy. 2003. Audit Mutu Internal. Edisi Bahasa Indonesia. Bandung : varqistatama. Binamega.
Published
2021-08-28
How to Cite
Purnamayudhia, O., Subaderi, S., & Bachtiar Rahman Halik. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UKM. POHONG KEJU DI SURABAYA BARAT. Prosiding SNasPPM, 6(1), 73-79. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/594