PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH REMAJA BAGI SISWA SMA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN HORMON ABSISAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL

  • Lilik Mawartiningsih pendidikan biologi
  • Ali mustofa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Imas Cintamulya Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Menulis, Karya Ilmiah Remaja, Hormon ABA.

Abstract

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Karya ilmiah adalah hasil atau produk manusia yang biasanya dalam bentuk tulisan atas dasar pengetahuan, sikap, dan cara berpikir ilmiah. Keterampilan menulis dapat ditingkatkan melalui Karya Ilmiah Remaja, namun, Banyak siswa yang merasakan masalah dalam menulis karya ilmiah khususnya hasil penelitian. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan bagi siswa SMAN 4 Tuban dan SMAN 1 Rengel  agar meningkatkan skill bagi penulisan karya ilmiah. Metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan teknik penulisan KIR, metodologi, dan pelatihan pembuatan hormon asam absitas (ABA), serta pendampingan penulisan KIR. Berdasarkan hasil kegiatan pengalaman awal kegiatan pelatihan pembuatan hormon ABA 60% yang menunjukkan bahwa siswa belum banyak menggunakan bahan sekitar lingkungan untuk penyusunan karya ilmiah remaja. Sebanyak 40% sudah pernah menyusun karya ilmiah remaja berbasis kearifan lokal. Sebanyak 76% siswa mampu membuat draft proposal dengan baik. Sedangkan 24% lainnya perlu dilakukan pendekatan lebih lanjut untuk meningkatkan keterampilan menulisnya. Berdasarkan hal tersebut, siswa perlu dioptimalkan untuk mengikuti ekstrakurikuler pembuatan karya ilmiah remaja. 

References

[1] P. Herlyn Novita Dewi, S. A. P. Sriasih, and I. N. Sudiana, “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sawan,” e-Journal Jur. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, 2018.
[2] G. Keraf, Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
[3] C. Anam, N. Mahmudati, and A. M. Hudha, “Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang Malang, 26 Maret 2016,” Pros. Semin. Nas. II 2016, Kerjasama Prodi Pendidik. Biol. FKIP dengan Pus. Stud. Lingkung. dan Kependud. Univ. Muhammadiya Malang, vol. 3, no. 1, pp. 1019–1028, 2016.
[4] I. W. Wendra, Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
[5] A. Irawan and C. Febriyanti, “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,” J. Ilmu Pendidik., vol. 22, no. 1, pp. 9–17, 2017, doi: 10.17977/jip.v22i1.8639.
[6] D. Lutfianawati and R. S. P. Nugraha, “Pengaruh Pelatihan Goal Setting Terhadap Motivasi Belajarbahasa Inggris Siswa The Effect Of Goal Setting Training To Englishlearning Motivation …,” vol. 6, pp. 125–138.
[7] L. Luzyawati, “Hubungan Antara Keterampilan Kerja Ilmiah Siswa Dengan Kualitas Produk Hasil Praktikum Mol Kulit Pisang,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2018, doi: 10.24815/jpsi.v6i1.10625.
[8] I. N. Dewi, P. H. N., Sriasih, S. A. P. and Sudiana, “‘Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja Terhadap Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sawan’,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 8, no. 2, 2019.
[9] Siti Halidjah, “Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Lesson Study,” BAHTERA J. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 14, no. 1, pp. 47–54, 2015.
[10] L. D. Nurtjahyani SD, Sukisno, “Analysis of critical thinking skills through the provision of mini project assignments on microbiology learning during the COVID 19 pandemic.,” ICSME, vol. 1, no. 1, pp. 116–121, 2020.
[11] M. Luo, S., Lin, L., Wang, X., ZOU, S., Luan, T, & Key, “Determination of phytohormones in planet extract using in matrix ethyl chloroformate derivatization and DLLME-GC-MS. LC-GC.,” Eur. , no. 26, pp. 310-317., 2013.
[12] Shinohara, T & Leskovar, “Effect of ABA Antitranspirants, heat and dought stress on planet.,” Sci. holticulturae., no. 165., pp. 225-234.
[13] M. . Waterland, N. L. Campbel, C. A., Finner, J.J,. & Jones, “Absisic acid allocation enhanced drought stress tolerance in bedding plants.,” Hortscience., vol. 45, no. 3, pp. 409-413., 2010.
[14] S. Zubaidah, “Berfikir Kritis :kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang,” no. January 2010, p. 100, 2017.
[15] S. D. Nurtjahyani, L. D. Pratiwi, and Sukisno, “Analysis of critical thinking skills in microbiology learning through mini project assignments during the Covid-19 pandemic,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1806, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1806/1/012130.
Published
2021-08-28
How to Cite
Lilik Mawartiningsih, mustofa, A., & Cintamulya, I. (2021). PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH REMAJA BAGI SISWA SMA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN HORMON ABSISAT BERBASIS KEARIFAN LOKAL . Prosiding SNasPPM, 6(1), 139-144. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/606