DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN TEKSTUR ANAK USIA DINI

studi kasus di KB Putri Asih Nguluhan

Authors

  • Pipit Predikasari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Sandra Aristia Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

sarana, pertumbuhan, perkembang, pendidikan

Abstract

Media pembelajaran merupakan sebuah sarana yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat memudahkan siswa untuk memahami kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan guna menjelaskan desain media pembelajaran bagi AUD yang mampu merangsang perkembangan keterampilan berfikir logis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 16 peserta didik usia 3-4 tahun dari KB Putri Asih Nguluhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan tekstur hewan anak usia 3-4 tahun di KB Putri Asih Nguluhan masih rendah dan dengan menggunakan media pembelajaran hasilnya dikategorikan baik.

References

[1] P. Bermutu, “No Title,” vol. 3, pp. 676–684, 2019.
[2] I. B. Maryatun, “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak,” J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 747–752, 2016, doi: 10.21831/jpa.v5i1.12370.
[3] I. A. S. Ekayati, “Pengaruh permainan tradisional ‘gobag sodor’ terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini,” Didaktika, vol. 13, no. 3, pp. 1–10, 2015.
[4] R. D. Permata, R. Nugrahani, and F. Board, “IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOARD PADA ANAK USIA 5-6,” 2020.
[5] D. Waskitawati and I. Widianingsih, “Pendampingan Pengembangan Paud Inklusif Di Kota Bandung,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, p. 227, 2019, doi: 10.24198/kumawula.v1i3.24555.
[6] R. Rozalena and M. Kristiawan, “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 76–86, 2017, doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.
[7] N. Rohmani, “Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 625, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.262.
[8] A. Asmariani, “Konsep media pembelajaran PAUD,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 5, no. 1, 2016.
[9] Nurhafizah, “Jurnal Pendidikan : Early Childhood Nurhafizah Pendidikan merupakan proses,” J. Pendidkan, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2018.
[10] I. H. Kiromi and Puji Yanti Fauziah, “Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Membantu Karaker Anak Usia Dini,” J. Pendidik. dan Pemberdaya. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 107–121, 2015.
[11] A. Setiawan, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika di RA Ma’arif 1 Kota Metro,” SelingJurnal Progr. Stud. PGRA, vol. 4, pp. 181–188, 2018.
[12] K. A. Nugraha, W. Hapsari, and N. A. Haryono, “Analisis tekstur pada citra motif batik untuk klasifikasi menggunakan K-NN,” Inform. J. Teknol. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, p. 68886, 2014.
[13] N. Agani, “Identifikasi Standar Penggunaan Alat Pelindung Diri dengan Metode GLCM (Gray Level Co-Occurence Matrix) dan Euclidean Distance: Studi Kasus pada PT. PAF,” J. TICom, vol. 5, no. 1, p. 92508, 2016.
[14] M. Aspects, S. Flavor, A. In, and T. Different, “Aspek Mikrobiologis serta Sensori ( Rasa , Warna , Tekstur , Aroma ) pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda,” vol. 04, no. 2, pp. 286–290, 2016.
[15] Y. Permadi and . Murinto, “Aplikasi Pengolahan Citra Untuk Identifikasi Kematangan Mentimun Berdasarkan Tekstur Kulit Buah Menggunakan Metode Ekstraksi Ciri Statistik,” J. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 1028–1038, 2015, doi: 10.26555/jifo.v9i1.a2044.
[16] U. Suharsaputra, “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan.” Bandung: Refika Aditama, 2012.
[17] Y. Yulsyofriend, “Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini.” Sukabina Press, 2013.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Predikasari, P., & Sandra Aristia Ekayati, I. (2021). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN TEKSTUR ANAK USIA DINI: studi kasus di KB Putri Asih Nguluhan. Prosiding SNasPPM, 6(1), 667–670. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/608