EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS) DAN TANTANGANNYA DI MASA PANDEMI COVID-19

Studi kasus di SMA Negeri 1 Paciran

  • Abdul Khafid Maulana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mahnita Dihan Tubaila Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: pendidikan, ekonomi, Covid-19, Pembelajaran Daring, Synchronous learning dan Asynchronous learning, pembelaran digital, pembelajaran online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dalam jaringan (Synchronous learning dan Asynchronous learning), yang meliputi faktor pendukung, faktor penghambat dalam melaksanakan proses pembelajaran daring, keadaan para Peserta didik dalam melakukan pembelajaran daring, serta harapan kedepannya untuk para Peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Paciran tepatnya di daerah Paciran-Lamongan yang terhitung pada bulan November hingga Januari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Paciran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara semi terstruktur dan dokumentasi serta catatan hasil lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring (Synchronous learning dan Asynchronous learning). Adapun beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring antara lain yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Adapun beberapa faktor penghambat guru dalam pembelajaran daring. Faktor penghambat tersebut diantaranya adalah banyak keluhan dalam pembelian kuota internet, para Peserta didik lebih cenderung atau kecanduan dalam menggunakan handphone untuk kepentingan bermain daripada untuk kepentingan pembelajaran dia dalam mengerjakan tugas. Dalam pembelajaran melalui metode ini diharapkan para Peserta didik dapat melatih tanggung jawab dan juga meluasnya pengetahuan Peserta didik dalam mengaplikasikan teknologi yang ada.

 

Kata Kunci:pembelajaran daring; synchronous learning; asynchronous learning; e-learning.

References

[1] Putria, H. Maula, L.H. Uswatun, D.A. 2020. Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education. 4(4).
[2] Darmawan, E. 2018. Implementasi model pembelajaran Asynchronous dalam perancangan aplikasi simulasi panduan pecinta alam berbasis android. Journal Cloud Information. 3 (2):13-14.
[3] Prasojo, L.D. 2010. Model Pembelajaran berbasis E-Learning pada prodi manajemen pendidikan fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
[4] Prabowo A.S, Conia P.D.D, Afiati E, Handoyo A.W, Rahmawati, Muhibah S, Rochani, Sholih, Khairun D.Y, Dalimunthe R.Z, Wibowo B.Y, Nurmala M.D. 2020. Kesiapan Guru dalam melaksanakan pembelajaran daring ditengah wabah covid-19. 5 (2):11.
[5] A.S Rosa dan M.Shalahuddin. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung:Modula
[6] Alisar, (2014). Diktat Wanadri : Panduan Dasar Kegiatan Hidup Di Alam Bebas. Bandung. Badan Pendidikan dan Latihan Wanadri.
[7] Safaat H, Nazruddin.(2012). Android : Pemograman Mobile Smartphone dan Tablet Berbasis android. Bandung : Informatika
[8] Widodo, Prabowo Pudja Herlawati.(2011). MENGGUNAKAN UML. Bandung : Informatika
[9] Yudha, Gusti Darma. (2014). Pemanfaatan Aplikasi Facebook Dalam Membangun E-Learning Dengan Metode Asynchronous Collaborative Learning Di Politeknik Cilacap. Universitas Gadjah Mada
[10]Wahyu, Dimas 2014. Aplikasi Tujuh Gunung Tertinggi di Indonesia Berbasis Android : Universitas Gunadarma
[11]Djaja, S. 2017. Harapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. 10(2).
[12]Hartanto, W. 2016. Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. 10(1).
[13]Suranto, B. 2009. Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis Synchronous Learning. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). D:78-D:86.
[14]Abidin, Z. Hudaya, A. Anjani, D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Developmet Journal of Educatio. 1(1), 134-136.
[15]Saefulmilah, Rd. M. I. S. Saway, M. H. M. S. 2020. Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak, Subang. Jurnal NUSANTARA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(3):393-404.
Published
2021-10-06
How to Cite
Abdul Khafid Maulana, Yusuf, M., & Mahnita Dihan Tubaila. (2021). EFEKTIVITAS SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS) DAN TANTANGANNYA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding SNasPPM, 6(1), 246-252. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/616