PENGEMBANGAN PAPISIM (PAPAN PINTAR SIMBIOSIS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 KELAS V MI AL-MA'ARIF CUMPLENG KABUPATEN LAMONGAN

  • Budi Ihlasul Amal Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: PAPISIM, PINTAR, PERMAINAN, MONOPOLI

Abstract

Papan Pintar Simbiosis adalah Media yang terbuat dari papan didalamnya menjelaskan macam-macam simbiosis dan contohnya. Selain itu pengguna mendesain Papan Pintar Simbiosis dikemas dalam format permainan. Didalam permainan tersebut ada soal-soal yang harus dijawab oleh siswa secara berkelompok. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan di dapat bahwa guru belum pernah memanfaatkan media pembelajaran dengan baik. Sehingga, banyak peserta didik yang belum memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan media permainan papan pintar. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran papan pintar simbisosis dan bagaimana kelayakan media pembelajaran papan pintar simbiosis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi praktisi pendidikan. Alat evaluasi yang dikembangkan telah melalui validasi validasi oleh para validator yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Hasil validasi ahli materi memperoleh prosentase kelayakan 80% dengan kriteria layak. Hasil validasi ahli media memperoleh prosentasi 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil  validasi ahli bahasa memperoleh  prosentasi 93% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi praktisi pendidikan memperoleh prosentasi 91% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi respon pengguna siswa memperoleh prosentasi 95% dengan kriteria sangat layak.  Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media papan pintar simbiosis yang dikembangkan sangat layak sebagai media pembelajaran yang baik digunakan dalam pembelajaran IPA Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 5 Kelas V MI AL-MA’ARIF Cumpleng Kabupaten Lamongan.

References

[1] Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto Atmowardoyo dan Nurhikmah. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.
[2] Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Juanda, Anda. 2019. Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis. Cirebon: CV. CONFIDENT.
[4] Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
[5] Tegeh, I Made , I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.
Published
2021-08-28
How to Cite
Budi Ihlasul Amal, & Mizan, S. (2021). PENGEMBANGAN PAPISIM (PAPAN PINTAR SIMBIOSIS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 KELAS V MI AL-MA’ARIF CUMPLENG KABUPATEN LAMONGAN. Prosiding SNasPPM, 6(1), 413-419. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/631