PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK SISWA SMP/MTs
Keywords:
research and development, four-DAbstract
Media pembelajaran Mobile learning sangat penting dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa seiring perkembangan revolusi industry serta pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid-19 yang mewabah akhir-akhir ini. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media Mobile learning untuk pembelajaran IPA pada materi sistem ekskresi manusia yang valid, efektif dan praktis, serta dapat memudahkan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Four-D (4-D), yaitu tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate, yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Metode penelitian ini hanya sampai tahap ke tiga yaitu pengembangan (Develop). Mobile learning terlebih dahulu dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil validitas dari ahli media diperoleh skor 87% yang mempunyai arti sangat valid atau layak digunakan . Hasil validitas dari ahli materi diperoleh skor 80,25% yang artinya valid atau layak digunakan . Berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa menyatakan kriteria layak digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. .
References
[2] A. Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini,” J. Penyakit Dalam Indones., vol. 7, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.7454/jpdi.v7i1.415.
[3] pengelola web Kemdikbud, “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah,” Jakarta, 28 Mei 2020, 2020. .
[4] E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, and A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat., 2016.
[5] D. Muharika and F. R. Agus, “Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi,” J. Pendidik. Teknol. Inf., 2019.
[6] M. Musahrain, N. Suryani, and S. Suharno, “Pengaplikasian mobile learning sebagai media dalam pembelajaran,” 2017.
[7] M. Sharples and R. Pea, “Mobile learning,” in The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, Second Edition, 2014.
[8] M. Sarrab, L. Elgamel, and H. Aldabbas, “Mobile learning (m-learning) and educational environments,” Int. J. Distrib. parallel Syst., vol. 3, no. 4, p. 31, 2012.
[9] T. H. Nazaruddin; Wahadyo, Agus; Arifianto, “Android Menurut Para Ahli,” J. Chem. Inf. Model., 2019.
[10] P. W. Wirawan, “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN E-LEARNING BERBASIS WEB KE DALAM M-LEARNING,” J. Masy. Inform., 2012, doi: 10.14710/jmasif.2.4.21-26.
[11] N. B. A. Rahim, “Penggunaan Mobile Learning (M-Learning) Untuk Tujuan Pembelajaran Dalam Kalangan Pelajar Kejuruteraan UTHM,” Thesis, 2013.
[12] Y. Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, “E-book berbasis Mobile learning,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., 2018.
[13] Thiagarajan, “Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in,” Res. Dev., 1974.
[14] E. Mulyatiningsih, “Model-Model Penelitian Dan Pengembangan,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2018.
[15] R. Akdon, “Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika,” Bandung Alf., 2007.