PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BIOLOGI BERBASIS HOTS PADA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK SISWA SMP

  • Aprilia Azzayyanur Rohmah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Lilik Mawartiningsih Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: pengembangan, e-modul berbasis HOTS, materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
proses pengembangan, menghasilkan produk modul elektronik berbasis Hots pada materi interaksi mahluk
hidup dengan lingkungannya dan untuk mengetahui kelayakan dan kevalidannya. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D),
merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang
digunakan dalam pembelajaran. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE yang dikembangkan Lee Owens. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan angket dan lembar validasi. Hasil penelitian ini dari validasi ahli materi
memperoleh nilai 77,35% dengan kriteria layak, dari ahli media nilai yang diperoleh 75,45% dengan kriteria
layak, dan data dari respon guru nilai yang dperoleh 80,35% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil
dari pengembangan bahan ajar e-modul biologi berbasis hots ini dapat menumbuhkan/meningkatkan
kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang valid melalui tahapan validitas dan teruji kelayakan
melalui tahap uji coba.

References

Referensi mohon dipaste disini
Published
2021-08-28
How to Cite
Azzayyanur Rohmah, A., & Mawartiningsih, L. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BIOLOGI BERBASIS HOTS PADA MATERI INTERAKSI MAHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK SISWA SMP. Prosiding SNasPPM, 6(1), 407-412. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/660