PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD/MI SE-KECAMATAN MERAKURAK

Authors

  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rita Yuliastuti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Tanti Nawangsari Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pelatihan, alat peraga matematika, guru SD

Abstract

Pelatihan penggunaan alat peraga matematika bagi guru-guru SD/MI di Kecamatan Merakurak
dilaksanakan dengan tujuan antara lain: 1) Meningkatkan kreativitas guru-guru SD/MI di Kecamatan
Merakurak dalam menciptakan alat peraga matematika, yaitu dengan membuat alat peraga sendiri sehingga
lebih hemat dan efisien; 2) Mengembangkan kemampuan guru-guru SD/MI di Kecamatan Merakurak dalam
menggunakan alat peraga dalam kegiatan belajar mengajar; 3) Meningkatkan prestasi belajar matematika
siswa SD/MI di Kecamatan Merakurak; 4) Memberikan stimulus kepada guru-guru di Kecamatan yang
lainnya untuk mengembangkan inovasi pembelajaran melalui alat peraga, karena Kecamatan Merakurak
mempunyai posisi strategis untuk dijadikan rujukan bagi kecamatan-kecamatan yang lainnya. Pelatihan ini
dilakukan dengan metode ceramah tentang penggunaan alat peraga dalam pembelajaran di sekolah dan
mengadakan demo proses penggunaan alat peraga konsep bilangan bulat, pecahan dan geometri secara
manual serta meminta peserta untuk mempraktekkan materi yang sudah dilatihkan. Selama kegiatan
pelatihan berlangsung, peserta terlihat antusias mengikuti jalannya pelatihan. Mereka merasa senang dengan
adanya pelatihan ini karena dapat menambah pengetahuan dalam penggunaan alat peraga dalam
pembelajaran matematika.

References

Agus Suharjana, Sukayati. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam pembelajaran SD. Departemen pendidikan Nasional, Pusat pengembangan dan
Pemberdayaan pendidikan dan Tenaga kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta.
Annisah,Siti.2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Volume 11 Nomor 1 Edisi Januari-Juli 2014
Ibrahim, H, dkk. 2000. Media Pembelajaran. Malang: Universitas negeri Malang
Iswadji, Djoko. 2003. Pengembangan Media/Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SLTP. Makalah tidak dipublikasikan.
Mulyani, Sri.2015. Pembelajaran Matematika Dengan Alat Peraga Papan Berpasangan. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya;Volume 5.
Sadiman, Arif.dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Widyadani, SB. 2008. Media dan pembelajarannya. Bandung: CV media Perkasa
Yuliastuti, Rita. 2001. Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika SD. Tuban: IKIP PGRI Tuban

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Rahayu, P. ., Yuliastuti, R., & Nawangsari, T. . (2017). PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD/MI SE-KECAMATAN MERAKURAK. Prosiding SNasPPM, 1(1), 131–134. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/67