PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH GURU

  • Ridaul Innayah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Candra Aeni Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: pelatihan, penulisan artikel ilmiah, publikasi ilmiah, guru.

Abstract

ABSTRAK

Menurut Peraturan Menteri PAN & RB No 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru, dijelaskan bahwa untuk mengembangkan karirnya seorang guru wajib melakukan publikasi ilmiah. Salah satu bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan adalah dengan membuat jurnal ataupun artikel ilmiah. Akan tetapi fakta di lapangan, khususnya di MTS dan MA Walisongo Rembang menunjukkan masih rendahnya publikasi ilmiah berupa artikel ataupun jurnal. Berdasarkan fakta tersebut kelompok pengabdian masyarakat Unirow ingin berkontribusi kepada masyarakat dalam upaya peningkatan publikasi ilmiah guru melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah/jurnal di MTS dan MA Walisongo Rembang. Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan angka publikasi ilmiah Guru. Tahapan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini secara keseluruhan terdiri dari observasi awal, koordinasi dengan mitra, persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan cara menyampaikan materi kepada peserta pelatihan melalui tatap muka langsung dengan bantuan LCD. Setelah pelatihan selesai, pelaksana menyediakan fasilitas pendampingan dan pembimbingan untuk peserta. Untuk mengetahui hasil pengabdian masyarakat yang telah dilakukan, pelaksana menyediakan angket respon kepuasan yang harus diisi oleh peserta pelatihan guna bahan evaluasi. Dari hasil pengisian angket ditemukan bahwa sebagian besar (lebih dari 50%) peserta pelatihan belum pernah mengikuti pelatihan penulisan artikel ilmiah, belum pernah membuat, dan belum pernah melakukan publikasi ilmiah. Hasil pengisian angket juga menunjukkan hampir semua peserta pelatihan memberikan respon yang positif terhadap adanya pelatihan penulisan artikel ilmiah/jurnal ini. Peserta pelatihan secara keseluruhan menyatakan bahwa materi pelatihan menarik, mudah dipahami, relevan dengan kebutuhan guru, dan bermanfaat bagi guru.

Kata Kunci: Pelatihan; Penulisan artikel ilmiah; Publikasi ilmiah; Guru.

References

[1] Noorjannah, Lilies. 2014. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity. Vol. 10 No. 1
[2] Peraturan Menteri PAN & RB No 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru
[3] UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Published
2021-08-28
How to Cite
Innayah, R., Aeni, C., & Kurniawati, E. F. (2021). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH GURU. Prosiding SNasPPM, 6(1), 354-357. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/674