PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP UP DALAM MENSTIMULUSI MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CAHAYA MANDIRI DESA PAKIS KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN

studi kasus di TK Cahaya Mandiri Desa Pakis Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban

Authors

  • Nur Findasari Unirow
  • Dwi Imam Efendi unirow

Keywords:

media, buku, pop up, angka

Abstract

ABSTRAK

Riset ini ialah tipe riset pengembangan yang nantinya hendak terbentuk produk yang berbentuk buku pop up angka. Tujuan dalam jangka panjang dari pengembangan media pada riset ini, terciptanya suatu produk media buku pop up angka yang ialah pengembangan dari metode buku bergerak serta buku buka tutup. Media dalam riset ini mempunyai akibat yang baik untuk pertumbuhan memahami angka 1- 10 pada anak umur 4- 5 tahun di TK Cahaya Mandiri Desa Pakis Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Pada riset ini memakai tata cara pengembangan Borg & Gall ialah (1) Kemampuan serta permasalahan, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Perbaikan produk, (8) Uji coba penggunaan, (9) Perbaikan produk,( 10) Penciptaan masal. Subjek pada riset ini bertempat di lembaga TK Cahaya Mandiri Desa Pakis Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Sebaliknya, objek riset merupakan kelayakan media buku Pop Up angka buat pendidikan memahami angka 1- 10 pada anak umur 4- 5 tahun. Bersumber pada hasil analisis uji kelayakan pada riset pengembangan ini, memperoleh hasil 80% buat validasi ahli materi (layakdengan perbaikan) serta 85% buat validasi ahli media (layak dengan perbaikan). Bisa disimpulkan kalau media buku Pop Up angka sudah layak buat digunakan selaku pendidikan di Taman Kanak Kanak.

Kata Kunci: media buku pop up, mengenal angka 1-10

References

[1] citra dewi Rosalina and R. Nugrahani, “Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini,” SelingJurnal Progr. Stud. PGRA, vol. 5, pp. 54–63, 2019.
[2] I. Haslana and A. Wirastania, “Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kanak Kanak Kelompok a,” Wahana, vol. 69, no. 2, pp. 61–66, 2017, doi: 10.36456/wahana.v69i2.1070.
[3] E. Ardhianto, “Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender,” Din. Teknol. …, vol. 17, no. 2, pp. 107–117, 2012, [Online]. Available: http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1658.diakses 19 Juli
[4] A. Khoirotun, A. Yanu, A. Fianto, and A. K. Riqqoh, “PERANCANGAN BUKU POP-UP MUSEUM SANGIRAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG,” vol. 2, no. 1, 2014.
[5] T. Ningsih, Pengembangan Alat Permainan Edukatif. 2018.
[6] F. Hartanto, H. Selina, Z. H, and S. Fitra, “Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun,” Sari Pediatr., vol. 12, no. 6, p. 386, 2016, doi: 10.14238/sp12.6.2011.386-90.
[7] H. Dewanti, A. J. E. Toenlioe, and Y. Soepriyanto, “Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakuaden kabupaten Ponorogo,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, pp. 221–228, 2018, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408.dikses 20 Juli
[8] M. Kecerdasan, V. A. Usia, T. Studi, E. Di, T. K. Negeri, and P. Bulu, “EARLY CHILDHOOD EDUCATION PAPERS ( BELIA ),” vol. 3, no. 2, pp. 46–54, 2014.
[9] D. Fitriani and H. T. Fauzi, “PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B ( USIA 5-6 TAHUN ) DI PAUD AL-HUDA,” vol. 2, no. 1, pp. 15–26, 2019.
[10] P. Media et al., Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember. 2018.
[11] F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. Sriwijaya, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA AWAL BERBENTUK LIFT THE FLAP BOOK,” 2018.
[12] H. Effendi and Y. Hendriyani, “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall,” pp. 62–70, 2018, doi: 10.31227/osf.io/zfajx.
[13] S. Berlatih and M. Soal, “Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika,” pp. 87–92, 2016.
[14] A. Rizki, K. Nisa, A. S. Nugraheni, U. Islam, N. Sunan, and K. Yogyakarta, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK,” 2021.
[15] I. Imron, “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV . Meubele Berkah Tangerang,” vol. 5, no. 1, pp. 19–28, 2019.

Additional Files

Published

2021-10-04

How to Cite

Findasari, N., & Imam Efendi, D. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP UP DALAM MENSTIMULUSI MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CAHAYA MANDIRI DESA PAKIS KECAMATAN GRABAGAN KABUPATEN TUBAN: studi kasus di TK Cahaya Mandiri Desa Pakis Kecamatan Grabagan Kabupaten Tuban. Prosiding SNasPPM, 6(1), 38–42. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/677