PELATIHAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK)) SE KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sari Fitriyaningsih Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

program pembelajaran individual (PPI), guru pembimbing khusus (GP)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada guru
pembimbing khusus (GPK) se kabupaten Tuban tentang cara mengassesment kemampuan akademik dan non
akademik bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, memberikan wawasan pengetahuan tentang cara
menyusun program pembelajaran individual (PPI) yang inovatif dengan merumuskan lima aspek yaitu taraf
kemampuan anak berkebutuhan khusus saat ini, merumuskan tujuan umum yang akan dicapai dan
penjabarannya dalam tujuan khusus, metode yang dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan anak,
proyeksi tentang waktu pemberian pelayanan, dan prosedur evaluasi untuk mengukur keberhasilan layanan
yang telak dilakukan. Sasaran pengabdian adalah guru pembimbing khusus (GPK) sekolah dasar se
kabupaten Tuban yang berjumlah 25 orang. Permasalahan diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu
persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan
untuk melihat kondisi lapangan mengenai kebutuhan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja GPK
dilanjutkan dengan menentukan lokasi pelatihan dan penyusunan bahan atau materi pelatihan. Tahap
pelaksanaan dilakukan dengan melaksanakan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik
presentasi, dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab tentang konsep dasar dan tugas guru pembimbing khusus
dan dilanjutkan dengan latihan sebagai bentuk kegiatan workshop penyusunan propgam pembelajaran
individual (PPI). Tahap evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing masing tahap dengan mengumpulkan dan
menyimpulkan data dari masing-masing kegiatan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan tingkat
keberhasilan dengan indikasi adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan guru pembimbing khusus. Adanya
respon positif dari peserta terlihat dari kegiatan diskusi tanya jawab serta sharing tentang pengalaman GPK
dalam memberikan pelayanan bagi peserta didik berkebutuhan khusus yang dilakukan hampir 50% peserta
dan sebagian besar (>75%) peserta telah memahami konsep dasar dan tugas guru pembimbing khusus, format
program pembelajaran individual (PPI) sehingga diakhir kegiatan guru pembimbing khusus sebagai peserta
pelatihan dapat menyususun program pembelajaran individual sesuai dengan kebutuhan peserta didik
berkebutuhan khusus di sekolah dasar

References

Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel. Jakarta: Prenada Media. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga
Kependidikan. (2001). PedomanPenyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidiakn dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: 2001.
Oemar Hamalik. (2003). Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.
Suyanto. (2003). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah. Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, 23 Oktober 2003

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Agustin, I. ., Sari, M. P. ., & Fitriyaningsih, S. . (2017). PELATIHAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) BAGI GURU PEMBIMBING KHUSUS (GPK)) SE KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 1(1), 135–139. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/68