PELATIHAN MAPLE BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMK KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
  • kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

maple, Pelatihan guru, MGMP matematika, matematika SMK

Abstract

Maple merupakan software matematika yang lengkap dan bisa digunakan untuk menyelesaikan
berbagai masalah matematika, sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Maple terbukti handal untuk
pemecahan masalah matematika, baik masalah komputasi numerik, aljabar simbolik, maupun visualisasi.
Maple mampu menjadi solusi dalam berbagai topik matematika terkait pembelajaran NHT pada Metode
Numerik (Mulyono dan Asih, 2013). Selain itu, maple juga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
siswa (Puspadewi dan Atmaja, 2015). Dinas pendidikan Kabupaten Tuban secara rutin mengadakan Lomba
Kompetensi Siswa SMK Matematika, dimana dalam lomba tersebut terdapat sesi praktikum dengan maple.
Berdasarkan hasil survey dan wawancara, perkembangan pembelajaran matematika menggunakan maple di
SMK Kabupaten Tuban, masih belum diiringi dengan perkembangan kompetensi guru dalam
mengaplikasikannya. Sehingga, dibutuhkan adanya pelatihan softskill tentang software maple. Pelatihan ini
ditujukan kepada para guru MGMP Matematika SMK Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam
pelatihan ini adalah praktikum. Para peserta pelatihan diberikan materi tentang penggunaan maple, kemudian
diberikan kesempatan mempraktekkan secara langsung program maple untuk menyelesaikan berbagai
masalah matematika, baik teknik maupun non teknik, sesuai dengan kejuruan sekolah masing-masing.
Pelaksanaan program pelatihan ini berhasil dengan persentase tingkat keberhasilan sebesar 80,68%. Dari 22
peserta, 5 peserta memperoleh tingkat pemahaman dan keterampilan yang sangat tinggi dan 17 peserta
memperoleh tingkat pemahaman dan keterampilan yang tinggi. Tidak ada peserta yang memperoleh tingkat
pemahaman dan keterampilan rendah maupun sangat rendah

References

Astatik, Reni P. A., Wuryanto, dan Masrukan. 2013. Aplikasi Integral Lipat Dua Dalam Perhitungan Volume Bangun Ruang Di R3 Dengan Menggunakan Program Maple. Unnes Journal of Mathematics (UJM). Vol. 2, No. 1, Hal. 24-31.
Buletin LPM Unirow. 2016. Tuban: LPM Unirow.
Hudojo, Herman. 2003. Pengambangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Technical Cooperation Project for Development of Science and Mathematics Teaching for Primary and Secondary Education in Indonesia (IMSTEP).
Irawan, Edy Bambang & Yuwono, Ipung. 2010. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Bidang Studi Pendidikan Matematika. Malang: UPT PPL UM.
Mulyono dan Asih, Tri Noor. 2013. Pembelajaran NHT Pada Metode Numerik Dengan Bantuan Aplikasi Maple. Unnes Journal of Mathematics (UJM). Vol. 2, No. 1, Hal. 190-195.
Puspadewi, Kadek Rahayu dan Atmaja, I Made D. 2015. Pemanfaatan Program Aplikasi Maple Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Kalkulus I
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mahasaraswati Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bakti Saraswati, Vo. 04, No. 01, Hal. 40-
48
Qodariyah, Erwin dan Isman, Deddiliawan. 2012. Pembelajaran Kalkulus Dengan Bantuan Maple. Jurnal Humanity, Vol.8, Nomor 1, Hal. 144-154.
Sihkabudin dkk. 1991. Evaluasi Media Instruksional. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang
Proyek Oprerasi dan Perawatan Fasilitas.
Suherman, Erman H. dkk. 2003. Common Text Book (Edisi Revisi) Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan MIPA Universitas Pendidikan Indonesian (UPI).
Suriani, Sri endang. 2012. Aplikasi Maple pada Matematika. https://sriendang90. wordpress.com/2012/12/25/aplikasi-maple-padamatematika/. Diakses 28 April 2016.
Tim penulis Pekerti bidang MIPA. 2005. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Dirjen Dikti Depdiknas

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Muzdalifah, L., Arifin, A. Z., & Oktafianto, kresna. (2017). PELATIHAN MAPLE BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMK KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 1(1), 146–151. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/70