PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI

  • Latifah Nur Azizah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kholifah Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: media pembelajaran, nilai agama dan moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur tentang perkembangan media pembelajaran dalam penanaman pembelajaran aspek nilai agama dan moral anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari pengumpulan artikel dan skripsi, reduksi artikel dan skripsi, display artikel dan skripsi, pembahasan, dan kesimpulan. Sumber data penelitian berupa artikel jurnal nasional dan skripsi dalam 8 tahun terakhir (2012-2020). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 artikel dan skripsi didapatkan 8 artikel dan skripsi yang masing-masing 4 artikel dan 4 skripsi yang sesuai dengan topik judul. Media – media yang digunakan dalam penelitian sudah sesuai dengan penanaman pembelajaran aspek nilai agama dn moral anak usia dini, hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil dari penelitian tersebut, semua penelitian menunjukkan keberhsilan.

References

[1] A. PUSPITASARI, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-AZZAM KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON.”
[2] R. Fitriaji, “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Dongeng Anak Di PG Suri Tauladan Banjaran, Taman, Pemalang.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
[3] S. H. Nst, “Pengaruh Media Elektronik (Gadget) Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Kelompok B Di RA Al-Hasaniyah Tembung.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020.
[4] L. Margaretha and D. N. Pura, “Pengembangan Model Media Audio-Visual untuk Meningkatkannilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Kota Bengkulu,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 167–179, 2019.
[5] R. Hasanah, “Kisah Islami Sebelum Tidur (Bedtime Stories) sebagai Penanaman Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini,” ACIECE, vol. 3, pp. 19–28, 2018.
[6] C. R. Pratiwi and N. D. Pabelia, “PENGARUH MEDIA FINGER PUPPET DALAM MENDONGENG TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI,” Permata J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2016.
[7] A. N. Hidayah, “Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak pada Kelompok A di BA Aisyiyah 8 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.
[8] T. Nawafilaty, “Penanaman Nilai-Nilai Agama Melalui Media Bermain Puzzle Pada Anak Usia Dini,” Al-Hikmah Indones. J. Early Child. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 25–36, 2017.
[9] A. Marzali, “Menulis kajian literatur,” J. Etnogr. Indones., 2016.
Published
2021-08-28
How to Cite
Azizah, L. N., & Kholifah, K. (2021). PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 462-470. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/719