PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP) BERBASIS ICT

Authors

  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Agus Wardhono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Model, ICT, e-learning

Abstract

Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran English For Specific Purpose (ESP) berbasis ICT yang mendukung E-Learning. Tujuan penelitian pada tahun pertama adalah mengembangkan perangkat implementasi model pembelajaran ESP berbasis ICT yang terdiri atas Rencana perkuliahan (RP), dan bahan ajar, desain model serta mengembangkan seperangkat instrumen yang diperlukan untuk menilai validitas, praktikabilitas, dan efektivitas model pembelajaran ESP yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dari Plomp yang hanya sampai pada empat tahap yaitu: (1) pengkajian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi. Untuk menguji kevalidan model dan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasikan pada pakar pembelajaran. Hasil validasi kemudian dianalisis, dan selanjutnya direvisi sesuai masukan dari validator Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perangkat pembelajaran (RP, buku mahasiswa, buku dosen) hasil pengembangan termasuk ke dalam kategori valid/baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi; 2) Sintaks model pembelajaran berbasis ICT terdiri dari 6 fase yaitu: pengenalan, (2) penyajian informasi, (3) penyajian rangkuman (4) pertanyaan dan respon, (5). Penilaian respon dan Pemberian feedback, (6) penutup.

References

Aqib, zainal dan Murtadlo, Ali. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu nusa.
Arend, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGrawhill Companies Inc.
Candiasa, M. 2005. Implementasi Jaringan Semantik dengan Hypermedia. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, vol 2 No. 1. 1 Januari 2005. Hal 64-72.
Darmawan, Deni. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Joyce, Bruce; Weil, Marsha; & Showers, B. 1992.Models of Teaching.Fourth Edi-tion. Boston: Allyn & Bacon.
Muijs dan Reynolds. 2008. Effective Teaching (Teori dan aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nieveen, Nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Van den Ak-ker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds). Design Ap-proaches and Tools in Education and Training (pp 125 – 135) Kluwer Academ-ic Publishers, Dordrecht, the Nederlands.
Plomp, Tjeerd., 1997. Educational and Training System Design. Enschede, The Netherlands: Univercity of Twente.
Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa , Ja-karta: Kemko Kesejahteran Rakyat.
Saud, Udin Syaifudin., 2008. Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Sujana, Nana dan Rivai, Ahmad. 1990. Teknologi Pembelajaran. Bandung:Sinar Baru.
Triatmanto. 2010. Tantangan Implentasi Pendidikan Karakter. Cakrawala Pendidi-kan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY. p 187-203
Uno, B. Hamzah. 2010. Teknologi Komunikasi & Informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Dumiyati, Agus Wardhono, & Edy Nurfalah. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP) BERBASIS ICT. Prosiding SNasPPM, 2(1), 1–6. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/72