ANATOMI PERBANDINGAN STOMATA PADA TANAMAN KERSEN (Muntingia calabura) DI KAWASAN DEKAT PABRIK GAMPING DAN DI DESA NGRAYUNG KECAMATAN PLUMPANG TUBAN

Authors

  • Isabela Esthalica Moulina Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Mulyani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Riska Andriani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Stomata, Daun Kersen, Polusi Udara

Abstract

Pencemaran udara merupakan masalah yang serius dan semakin lama keberadaannya semakin meningkat.Asap pabrik merupakan salah satu contoh dari pencemaran udara banyaknya debu yang menempel pada permukaan daun menyebabkan beberapa kerusakan dan perubahan fisiologi pada tanaman. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan jumlah stomata pada tanaman kersen (Muntingia Calabura) di daerah dekat pabrik gamping di Plumpang Tuban dengan di daerah yang jauh dari pabrik gamping yaitu di Desa Ngrayung. Metode penelitian ini adalah dengan metode pengamatan deskriptif. Dari penelitian ini hasil yang di dapatkan adalah tanaman Kersen (Muntingia Calabura) di daerah dekat pabrik gaping berjumlah 48.Sedangkan pada tanaman Kersen (Muntingia Calabura) di Desa Ngrayung jauh dari kawasan pabrik berjumlah >77. Stomata pada daun A cenderung berwarna kuning kecoklatan, dan stomata pada daun B berwarna hijau muda dan hijau tua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa polusi udara dari pabrik gamping mempengaruhi jumlah stomata dan warna stomata pada daun tanaman kersen (Muntingia Calabura).

References

[1] A. Z. Mutaqin, R. Budiono, T. Setiawati, M. Nurzaman, and R. S. Fauzia, “STUDI ANATOMI STOMATA DAUN MANGGA ( Mangifera indica ) BERDASARKAN PERBEDAAN LINGKUNGAN,” vol. 1, no. 1, pp. 13–18, 2016.
[2] K. K. Mutmainah, “Pengaruh Kandungan Timbal (Pb) terhadap Kerapatan Stomata pada Daun Dendrobium sp di Beberapa Jalan Kota Surabaya.” UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2020.
[3] S. R. Siregar, S. Nurul, R. Irwan, E. Tarwaca, and S. Putra, “Kandungan Logam Berat Timbal ( Pb ) dan Pengaruhnya Pada Angsana ( Pterocarpus indicus ), Tanjung ( Mimusops elengi ), dan Asam Jawa ( Tamarindus indica ) di Jalan Lingkar Alun – Alun Yogyakarta Heavy Metal Content of Lead ( Pb ) and The Effect on Angsana,” vol. 9, no. 1, pp. 316–329, 2020.
[4] F. Hidayat, G. Puteri, and H. Y. Purnama, “Karakteristik Stomata Pada Daun Tumbuhan Filicium decipiens L . di Sekitar PT Semen Padang sebagai Tumbuhan Indikator Pencemaran Udara Characteristics of Stomata in Filicium decipiens L . at PT Semen Padang as an Indicator of Air Pollution,” no. 1710423023, 2018.
[5] Drs. Suyitno Al. MS, “Pertukaran Zat Dan Proses Hilangnya Air,” pp. 1–10, 1386.
[6] F. B. Salisbury and C. W. Ross, “Fisiologi tumbuhan jilid 3,” Bandung ITB, vol. 93, 1995.
[7] S. R. Hidayati, “Analisis karakteristik stomata, kadar klorofil dan kandungan logam berat pada daun pohon pelindung jalan kawasan lumpur porong sidoarjo.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2009.
[8] M. Haki, “Efek ekstrak daun talok (Muntingia Calabura L.) Terhadap aktivitas enzim sgpt pada mencit yang diinduksi karbon tetraklorida,” 2009.
[9] Z. A. Zakaria, “Free radical scavenging activity of some plants available in Malaysia,” Iran. J. Pharmacol. Ther., vol. 6, no. 1, pp. 80–87, 2007.
[10] T. K. Lim, Edible medicinal and non-medicinal plants, vol. 1. Springer, 2012.
[11] T. Gembong, “Morfologi tumbuhan,” Gadjah mada Univ. Press yogyakarta, 2005.
[12] D. Rizkiaditama, E. Purwanti, and M. Muizzudin, “Analisis kadar klorofil pada pohon angsana (Pterocarpus indicus Willd.) di Kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) Ngoro Mojokerto sebagai sumber belajar biologi,” Res. Rep., 2017.
[13] E. B. M. Siregar, “Pencemaran Udara, Respon Tanaman, dan Pengaruhnya pada Manusia,” Karya Ilmiah. Fak. Pertan. Sumatera Utara, 2005.
[14] A. Solihin, “Morfologi Daun, Kadar Klorofildan Stomata Glodogan (Polyalthia longifolia) Pada Daerah Dengan Tingkat Paparan Emisi Kendaraan yang BerbedadiYogyakarta,” Skripsi. Progr. Stud. Biol. Fak. Sains dan Teknol. Univ. Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2014.
[15] A. G. Ebadi, S. Zare, M. Mahdavi, and M. Babaee, “Study and measurement of Pb, Cd, Cr and Zn in green leaf of tea cultivated in Gillan province of Iran,” Pak J Nutr, vol. 4, no. 4, pp. 270–272, 2005.

Additional Files

Published

2021-08-28

How to Cite

Moulina, I. E., Sri Mulyani, & Riska Andriani. (2021). ANATOMI PERBANDINGAN STOMATA PADA TANAMAN KERSEN (Muntingia calabura) DI KAWASAN DEKAT PABRIK GAMPING DAN DI DESA NGRAYUNG KECAMATAN PLUMPANG TUBAN . Prosiding SNasPPM, 6(1), 55–59. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/732