EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM PENCAPAIAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI
Keywords:
online, pembelajaran, covidAbstract
Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia menjadi sebuah permasalahan bagi seluruh sektor, terutama pada sektor pendidikan. Dengan adanya peraturan yang mengharuskan pembelajaran daring atau belajar dari rumah demi pencegahan penularan. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dalam pencapaian perkembangan fisik motorik anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Subyek penelitiannya adalah pendidik TK DWP Siwalan serta orang tua peserta didik pada kelompok B. Pengumpulan data dalam teori ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa pembelajaran daring kurang efektif terutama pada perkembangan fisik motorik anak usia dini dilihat dari hasil penelitian menunjukan indikator motorik kasar yang tercapai adalah 43,2%, indikator motorik halus yang tercapai adalah 41,6%, sedangkan indikator kesehatan dan perilaku keselamatan yang tercapai adalah 61,4%.
References
[2] Fadila, A., & Ilmayanti, F. (n.d.). Pengembangan Instrumen Penilaian pada Melalui Kegiatan Tari Kelompok B Di TK HASYIM. 3(1).
[3] Follari, L. (2015). Foundations and best practices in early childhood education: History, theories, and approaches to learning. Pearson Higher Education AU.
[4] Handayani, G. W., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19. In DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.649
[5] Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
[6] Larimore, R. A. (2020). Preschool Science Education: A Vision for the Future. Early Childhood Education Journal, 1–12.
[7] Luthfi, E., Putri, W., & Oktavia, H. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran. 3.
[8] Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04
[9] Mukhtar, N. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125–138.
[10] Permendikbud, R. I. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mendiknas.
[11] Rohman, U. (2010). Perkembangan Fisik dan Kognitif pada Masa Kanak-Kanak. Jurnal Buana Pendidikan, 6(11), 43–52.
[12] SA’ADAH, F., & JASMANI, P. G. S. D. P. (n.d.). Kemampuan Motorik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017.
[13] Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020
[14] Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
[15] Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
[16] Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).