PENGARUH PEMANFAATAN E-COMMERCE DAN MINAT USAHA TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE (UNIROW) TUBAN
Studi Kasus Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban
Keywords:
Pemanfaatan E-commerce, Minat Usaha, Perilaku Berwirausaha MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengengaruh pemanfaatan e – commerce dan minat usaha terhadap perilaku berwirausaha bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi (PE) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (UNIROW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif, yang dimana pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi (PE) Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (UNIROW) yang pernah maupun sedang berwirausaha secara online. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 63 populasi dari 2017A berjumlah 19 mahasiswa, 2017B berjumlah 9 mahasiswa, 2018A berjumlah 16 mahasiswa, 2018B berujumlah 11 mahasiswa, 2019 berjumlah 6 mahasiswa dan 2020 berjumlah 2 mahasiswa. Teknik sampel dalam penelitian ini ialah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuesoner), yaitu sejumlah pernyataan diajukan kepada responden dan kemudian responden diminta untuk menjawab pernyataan tersebut sesuai dengan pendapat mereka masing - masing. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, yang dimana data kuantitaif dalam penelitian ini berupa hasil kuesioner yang merupakan jawaban dari para mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis, yaitu uji t (parsial), uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitina ini menunjukan bahwa 1). Adanya pengaruh parsial secara signifikan antara variabel pemanfaatan E-Commerce terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Koefisiensi thitung > ttabel 4,754 > 2,000 dan nilai sig 0,000 < 0,05, 2). Adanya pengaruh parsial secara signifikan antara variabel minat usaha terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Koefisiensi thitung > ttabel 3,086 > 2,000 dan nilai sig 0,003 < 0,05, 3). Semua variabel independen yaitu pemanfaatan E-Commerce dan minat usaha berpengaruh positif dan signifikansi secara simultan (bersama-sama) terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Koefisien Fhitung > Ftabel yaitu 26,498 > 3,150 (p 0,000) dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05.
References
[1] D. Wuryandani, “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 dan Solusinya,” Info Singk. Bid. Ekon. dan Kebijak. Publik Pus. Penelit. Badan Keahlian DPR RI, vol. 12, no. 15, pp. 19–24, 2020.
[2] W. A. Lastri and A. Anis, “Pengaruh e-commerce , inflasi, dan nilai tukar terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia,” J. Kaji. Ekon. dan Pembang., vol. 2, no. 1, pp. 151–160, 2020.
[3] R. Ningsih and A. Nurrahmah, “Minat Berwirausaha Mahasiswa Ditinjau Dari Self Efficacy Dan Adversity Quotient,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 4, no. 2, pp. 161–174, 2020, doi: 10.29408/jpek.v4i2.2390.
[4] R. P. Afifah Hidayati , Taufiq Hidayat, “E-COMMERCE DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO),” pp. 1–12, 2020.
[5] W. Indrayanti and D. D. Iskandar, “Teori Perilaku Terencana dan Minat Wirausaha Pemuda di Kabupaten Tegal,” ASSET J. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 3–6, 2020, doi: 10.24269/asset.v3i1.2673.
[6] Istiqomah, “PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKADEMI KESEJAHTERAAN AKK YOGYAKARTA,” J. SOCIA Akad., vol. 6, no. 2, pp. 109–115, 2020.
[7] S. Ayu and A. Lahmi, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19,” J. Kaji. Manaj. Bisnis, vol. 9, no. 2, p. 114, 2020, doi: 10.24036/jkmb.10994100.
[8] R. Wibowo, “Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust Dan Customer Loyalty,” Ekon. Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 8–15, 2015, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/ekobis/article/view/5078.
[9] N. Ernawati, “PENGARUH KESIAPAN MODAL DAN PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP DAYA SAING USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA,” Skripsi, 2017.
[10] S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.
[11] T. Handayani and A. Primawati, “Pemanfaatan E-Commerce bagi Kelompok Pendidik SDIT Fatahillah Kebagusan di Era Pandemi,” vol. 1, no. April, pp. 13–20, 2021.
[12] Dewanti, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Pt. Momen Global Internasional Di Makassar,” p. 113, 2017.
[13] I. M. A. Pratama and G. S. Darma, “Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing,” Jurnak Manaj. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 69–81, 2014, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/.
[14] H. E. Atmaja and D. M. Verawati, “Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce,” J. Bisnis dan Akunt. Unsurya, vol. 6, no. 1, pp. 57–66, 2021.
[15] B. D. Theodora, “PERBEDAAN MINAT WIRAUSAHA BERDASARKAN MEDIA PEMBELAJARAN SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI Corresponding author,” vol. 9, no. 2, pp. 48–53, 2021.
[16] A. N. Abdi and U. Ciputra, “PENGARUH ENTREPRENEURIAL EDUCATION , PERSONALITY DAN SELF- EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA Universitas Ciputra , Surabaya Persentase wirausahawan di Asia Indonesia Thailand Malaysia Singapore keinginan atau minat dalam berwirausaha . Menurut Utami ( ,” vol. 10, no. 1, pp. 23–35, 2021.
[17] Q. Aini and F. Oktafani, “… Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas …,” J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 17, no. 2, pp. 151–159, 2020, [Online]. Available: http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845.
[18] D. A. Luzfia and I. M. B. Dwiarta, “Pengaruh kepribadian wirausaha , motivasi berwirausaha , dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2017 di Universitas Adi Buana Surabaya,” J. Sustain. Bussiness Res., vol. 2, no. 1, pp. 133–141, 2021.
[19] Sipahutar Arisanto, “PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA MANAJEMEN EKSTENSI FAKULTAS EKONOMI,” p. 6, 2021.
[20] Suebuddin Marfua, “PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN MENANAMKAN JIWA LEADERSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA,” J. SINAU, vol. 7, no. 1, pp. 1–12, 2021.
[21] AMID HAMDANI, “PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN E- COMMERCE TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA AKUNTANSI,” Skripsi, vol. 2507, no. February, pp. 1–9, 2020.
[22] F. Muharam, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Sikap Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya (Survey pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019),” pp. 10–37, 2019.
[23] E. M. Anugraheni, “PERILAKU WIRAUSAHA TIGA PENGUSAHA DARI GENERASI Z SKRIPSI,” skripsi, 2018.
[24] Najazsay Aurora Putri, “HUBUNGAN ANTARA SIKAP, MINAT DAN PERILAKU MANUSIA.” kediri, pp. 1–11, 2021.
[25] Suharyono, “Sikap dan Perilku Wirausahawan,” J. Ilmu dan Budaya, vol. 40, pp. 6551–6586, 2017.
[26] Iskandar and S. Mulyati, “Perilaku Kewirausahaan Mahasiswa (Survey terhadap Mahasiswa Wirausaha pada Universitas Kuningan),” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 15, no. 2, pp. 51–60, 2018, doi: 10.25134/equi.v15i02.Abstract.
[27] A. Pangiuk, “Implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pengantar Bisnis Dalam Meningkatkan Minat Entrepreneur Mahasiswa ( Studi Mahasiswa FEBI UIN Jambi ),” vol. 4, pp. 40–54, 2019.
[28] E. Board et al., “Dewan Redaksi Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi,” JRAK, vol. 88349033, no. 83, pp. 2086–4264, 2021.
[29] D. Aprilyanto, B. I. Pradana, E. K. Islam, I. W. Ethic, and E. Per-, “ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI AGRO NIAGA INDONESIA ( KANINDO ) SYA- RIAH JAWA TIMUR,” J. Ilm. Mhs. FEB, pp. 1–15, 2021.
[30] S. C. R. DELLA, “INFLUENCE PERCEIVED EASE OF USE , PERCEIVED USEFULNESS , PERCEIVED RISK AND TRUST TO TRANSACTION INTEREST USER PAYTREN,” 2019.
[31] W. Yustia Putri, “PENGARUH REGULATOR, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016),” Fak. Ekon. Dan Bisnis, Unpas Bandung, pp. 48–83, 2017, [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/30262/7/BAB 3 sa.pdf.
[32] A. B. Nasution, “PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PELATIHAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PT.GARAM PERSERO MADURA,” 2021.