PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MICROTEACHING BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI PERAN MODEL DAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR

Authors

  • Yudi Supiyanto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suantoko Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model Pembelajaran, Microteaching, Experiential Learning, Ketrampilan Mengajar

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dicapai pada tahun pertama ini adalah untuk mengembangkan perangkat implementasi model pembelajaran microteaching berbasis Experiential Learning melalui peran model dan kelompok kooperatif pada mata kuliah microteaching serta mengembangkan seperangkat instrumen yang diperlukan untuk menilai tingkat validitas model pembelajaran yang telah dikembangkan. Pentingnya penelitian dengan mengkaji model experiential learning ini mahasiswa dapat mengkombinasikan antara perolehan pengalaman dan transformasi pengalaman sehingga memberi peranan penting dalam kontruksi pengetahuan. Pengembangan model pembelajaran microteaching berbasis Experiential Learning ini peneliti menggunakan tahapan model pembelajaran Plomp dan peneliti hanya menggunakan 4 tahap yakni : (1) tahap pengkajian awal, (2)tahap perancangan,(3) tahap realisasi/ konstruksi,(4) tahap tes, evaluasi dan revisi. Subyek penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi Fakutas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban semester VI yang menempuh mata kuliah Microteaching dan pada semester VII menempuh Praktek Pengajaran Lapangan 2. Untuk menguji validitas buku model dan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh pakar pembelajaran. Hasilnya kemudian dianalisis dan direvisi sesuai saran pakar.Selanjutnya penelitian ini menunjukkan bahwa buku model dan perangkat pembelajaran hasil pengembangan (buku ajar, Silabus, SAP, RPS, RPP) termasuk dalam kategori Valid dan dapat digunakan dalam tahap implemtasi.

References

Allen & Ryan 1969. Microteaching. Reading, Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.
Allen DW, Ryan K. Reading. 1969. Microteaching. Massachusetts: Addison-Wesley
Bhat, V. D. 2001. Experiential Learning, a Handout for Teacher Educator. Mysore: Regional Institute of Education
Brown G.1975. Microteaching. A programme of teaching skills.London: Methuen and Co Ltd
Elmy, M. 2013. Penerapan Microteaching Berbasis Pembelajaran PKn Kontekstual dalam Pembangunan Kompetensi Mengajar (Pedagogik) Mahasiswa (Studi Eksperimen Kuasi pada Mahasiswa Pkn Fkip Unlam Banjarmasin). Tesis.Tidak diterbitkan.
Joyce, Bruce; Weil, Marsha; & Showers, B. 1992. Models of Teaching. Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon.
Kilic, A. 2010. Learner-centered Microteaching in Teacher Education. International Journal of Instruction, ISSN: 1694-609 x, Januari 2010. Vol 3 no. 1 (on line) http://www.google.com/search?q=miroteachin g+journal+&ie=utf-8&oe=utf-8 diakses tanggal 20 April 2014
Kolb, A. D. 1984. Experiential Learning, Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs.
Kolb, A.D. & Boyatzis, R.E. 199). Experiential Learning Theory, Previous Research and New Direction. Case Western Reserve University. online pada: [http://www.d.umn.edu/~kgilbert/educ5165- 731/Readings/experiential-learning- theory.pdf]
Kolb, D. 2002. Powerful Learning Experiences. http://www.Learningfromexperience.com (diakses tgl. 7 Mei 2015)
Kpanja, E. 2001. A Study of The Effects of Video Tape Recording inMicroteaching Training. British Journal of Tecnology, 32 (4), 483-486.
Nieveen, Nienke. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Vanden Akker, R.M. Branch,
K. Gustafson, N. Nieveen & Tj. Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Educationand Training (pp 125–135) Kluwer Academic Publishers, Dordrecht, the Nederlands.
Plomp, Tjeerd., 1997. Educational and Training System Design. Enschede, The Netherlands: Univercity of Twente.
Suherman, H. E. 2008. Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya. 5(2).

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Yudi Supiyanto, Dumiyati, Heny Sulistyaningrum, & Suantoko. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MICROTEACHING BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MELALUI PERAN MODEL DAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR. Prosiding SNasPPM, 2(1), 13–20. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/74