PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS 4 SD NEGERI SLUKE KABUPATEN REMBANG

Studi kasus di SD negeri Sluke

  • Asiyatul Khosi'ah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: media pembelajaran; media scrapbook; tema 7 indahnya keragaman di negeriku; kelas IV SDN; model pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa media Scrapbook yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang kreatif pada pembelajaran tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pembelajaran 1 siswa kelas IV SDN Sluke kabupaten Rembang. Dengan adanya media pembelajaran berupa media Scrapbook ini membuat siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Develpoment (RnD) yang menganut model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu: 1) Pengumpulan data; 2) Desian produk; 3) Validasi desain; 4) Ujicoba produk; 5) Produk akhir. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, angket siswa, angket validator, angket praktisi pendidikan serta respon siswa. Media pembelajaran berupa media Scrapbook yang telah dikembangkan dan diujikan melalui angket validasi media dengan rata-rata penilaian sebesar 77,5% dikategorikan layak, angket validasi materi rata-rata penilaian sebesar 77,14% dikategorikan layak, angket validasi bahasa rata-rata penilaian sebesar 84% dikategorikan sangat layak, angket validasi praktisi pendidikan rata-rata penilaian sebesar 90% dikategorikan sangat layak, dan respon siswa terhadap media Scrapbook pada uji coba dengan 21 responden rata-rata penilaian sebesar 98,57% dikategorikan sangat layak. Hal ini menunjukkan media Scrapbook sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.


References

[1] U.-U. RI, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
[2] Z. Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. 2014.
[3] S. Utaminingsih, F. Agustini, and M. A. KHB, “Pengembangan Media Scrap Book Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 3 Pekerjaan Orang Tuaku,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 64–70, 2019.
[4] B. S. Djamarah and A. Zain, Strategi Belajar Mengajar. 2013.
[5] Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani, 2012.
[6] A. Arsyad, Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada, 2020.
[7] A. N. Alfiah, N. M. D. Putra, and B. Subali, “Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri,” JP (Jurnal Pendidikan) Teor. dan Prakt., vol. 3, no. 1, pp. 57–67, 2018.
[8] T. K. Dewi and R. Yuliana, “Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 1, 2018.
[9] A. Prastowo, Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenadamedia Group (Devisi Kencana), 2019.
[10] M. Damayanti, “Pengaruh media scrapbook (buku tempel) terhadap hasil belajar siswa materi keragaman rumah adat di indonesia kelas iv sekolah dasar.” State University of Surabaya, 2017.
[11] A. Susanto, TEORI BELAJAR & PEMBELAJARAN di Sekolah Dasar, 4th ed. Prenadamedia Group, 2016.
[12] J. L. Agustika, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN JATISARI MIJEN KOTA SEMARANG.” UNNES, 2019.
[13] Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 27th ed. ALFABET CV, 2018.
[14] A. Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan. Rajagrafindo, 2008.
[15] S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, 2010.
Published
2021-08-28
How to Cite
Khosi’ah, A., & Mizan, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS 4 SD NEGERI SLUKE KABUPATEN REMBANG. Prosiding SNasPPM, 6(1), 491-498. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/757