PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU MADRSAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH WALISONGO KALIORI REMBANG
Abstract
Berdasarkan PP No 1 Tahun 2010 tentang pengembangan keprofesian berkelanjutan, disebutkan bahwa guru wajib melakukan pengembangan profesinya dengan berbagai cara. Di antaranya adalah dengan melakukan karya tulis ilmiah dan publikasi ilmiah. Penelitian ilmiah yang sangat tepat bagi guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu penelitian yang berusaha memecahkan masalah-masalah pembelajaran di dalam kelas, serta dilakukan dengan tidak mengganggu waktu mengajar karena dapat dilaksanakan pada saat guru melaksanakan tugas mengajar di kelas. Dari hasil wawancara dengan guru-guru dan Kepala Sekolah di Madarasah Aliyah dan Tsanawiyah Walisongo Kaliori Rembang, guru-guru di sekolah tersebut belum memahami tentang PTK, oleh karena itu pelatihan tentang PTK dan penyusunan proposal PTK di sekolah tersebut sangat diperlukan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahahan yang baik tentang PTK serta melatih guru-guru dalam membuat proposal PTK. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 metode yaitu penyampaian materi secara teoritis dilakukan dengan tatap muka langsung, dan pendampingan pembuatan proposal PTK. Konsultasi dan pendampingan dilakukan melalui media sosial email, Whatsapp, telegram. Dari hasil analisis terhadap proposal yang dibuat peserta pelatihan, dapat disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan pelatihan guru-guru di Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Walisongo Kaliori rembang sudah mampu merumuskan judul, menemukan permasalahan-permasalahan PTK, serta membuat rancangan PTK dengan baik. Dalam memaparkan latar belakang dan menyusun instrument penelitian masih perlu bimbingan dan latihan.
Kata Kunci: pelatihan; PTK; proposal; madrasah Aliyah; madrasah tsanawiyah
References
[2] Salim H., Karo-Karo IR., Haidir. 2015. Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasi Bagi Guru Mata Pelajaran Umum dan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Medan. Perdana Publishing. Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana.
[3] Susilowati D. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika. Vol. 2 No.1
[4] Afandi. 2014. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol.1 No.1
[5] Jayanta I.N.L., Rati, N.W., Diputra K.S., Wibawa I.M.C. 2017. Pelatihan Penyusunan Proposal Tindakan Kelas Bagi Guru-guru SD. Jurnal Widya Laksana. Vol.6 No.1
[6] Alimuddin, H. Muchsin, S.B. Kamaruddin, R. 2018. Pentingnya PTK Bagi Guru. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.1 No.2.
[7] Zukhaira & Purnama, I. 2013. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Dalam Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Bahasa Arab madrasah Tsanawiyah. Rekayasa. Vo. 11 No.1
[8] Ni’mah, Z.A. 2017. Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita dan Fakta. Realita. Vol.15. No.2.
[9] Annury, M.N. 2018. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. DIMAS. Vol.18 No.2
[10] Muhson, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan dalam Kegiatan Workshop Pengembangan Kompetensi Guru Ekonomi SMP Kota Yogyakarta. Di SMP 8 Yogyakarta pada Tanggal 6 Pebruari.
[11] Slameto, 2015. Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria. Vol.5 No.2.
[12] Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y.d. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang. Bayu Media Publishing.
[13] Somatanaya, A.A.G., Herawati, L., Wahyuningsih, S. 2017. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Peningkatan Karier Guru-guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi. Vol.3 No.1
[14] Nilakusmawati, D.P.E., Sari, K., Puspawati, N.M. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Udayana.
[15] Kusmaryani, R.E. 2007. Penyusunan Usulan Penelitian Tindakan Kelas. Disampaikan dalam Kegiatan PPM “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Sertifikasi Guru bagi Guru BK di Kabupaten Sleman” Diselenggarakan oleh MGP Kabupaten Sleman Tanggal 21November 2007.