SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN CALON DOSEN DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Authors

  • Andy Haryoko Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suprapto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Rekrutmen Dosen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk penilaian penerimaan calon dosen. Dosen adalah seorang pendidik di lingkungan perguruan tinggi yang memegang peran utama dalam proses belajar mengajar, dosen sangat menentukan perkembangan dan kemampuan mahasiswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Lembaga pendidikan yang dalam hal ini merupakan induk kerja dari para dosen, sangat berkepentingan dalam menjaga mutu para dosen dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara dapat dilakukan dengan menyeleksi calon dosen yang akan direkrut menjadi tenaga pengajar dengan sangat selektif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan calon dosen dengan menggunakan metode technique for order preference by similarity to ideal solution (TOPSIS). Metode ini dipilih karena dapat menentukan rangking dari sejumlah alternatif dengan baik. Penelitian dilakukan untuk mencari rangking setiap alternatif dengan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

References

García-cascales, M. S., & Lamata, M. T. (2012). On rank reversal and TOPSIS method. Mathematical and Computer Modelling, 56(5–6), 123–132. https://doi.org/10.1016/j.mcm.2011.12.022
UURI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, 1–54.
Kusumadewi, Sri. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta. Graha Ilmu.
Turban, Efrain. Aronson, Jay E. Liang , Ting Peng. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems (versi bahasa Indonesia). Yogyakarta. Andi.
Manurung, pangeran. 2010. Sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa dengan metode ahp dan topsis (studi kasus: fmipa usu). Medan.
Kusrini, 2007. “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”. Andi Offset, Yogyakarta.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Andy Haryoko, & Suprapto. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN CALON DOSEN DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). Prosiding SNasPPM, 2(1), 27–30. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/76