ANALISIS SENSITIVITAS PERUBAHAN FUNGSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Anita Theresia Kurniawati Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Misbahul Munir Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Keywords:

Analisis Sensitivitas, Alokasi Lahan

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi serta peranan penting dari kabupaten Sidoarjo sebagai kota penyangga Surabaya menyebabkan kebutuhan akan lahan sangat tinggi. Kebutuhan akan lahan ini membuat terjadinya perubahan penggunaan dari fungsi lahan. Alokasi-alokasi lahan yang sudah ditetapkan dalam RTRW memberikan dasar dalam melakukan penggunaan lahan sesuai dengan fungsinya. Untuk memberikan batasan terhadap perubahan fungsi lahan harus dilakukan analisis untuk mengetahui seberapa besar perubahan fungsi lahan diizinkan. Analisis sensitivitas ini dilakukan untuk memberikan analisis tentang perubahan fungsi lahan terutama lahan pertanian. Hasil yang didapatkan adalah bahwa perubahan lahan pertanian sangat ditentukan oleh permintaaan akan lahan pemukiman dan lahan untuk perdagangan dan jasa. Kondisi ini juga diakibatkan karena pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat.

References

Anwar.M.R. 2011.” Model Optimasi Untuk Penyusunan Arahan Pemanfaatan Lahan Secara Optimal”. Jurnal Teknik WAKTU Volume 09 Nomor 02-Juni 2011-ISSN: 1412-1867. Teknik Sipil, Universitas Brawijaya Malang.
Chaerani.D., Ruchjana.B.N., Wilhelmina.2012.”Model Optimisasi Multiobjektif Untuk Masalah Alokasi Penggunaan Lahan Dengan Menggunakan Data Spasial”. Jurnal Teknik Industri, Vol 14,No.1, Juni 2012,63-72. ISSN 1411-2485. FMIPA Jurusan Matematika Universitas Padjadjaran. Bandung.
Christianingsih dan Ariastita, Putu Gde. 2012. “Optimasi Penggunaan Lahan Di Kecamatan Driyorejo Berdasarkan Ketersediaan Sumberdaya Air”.JURNAL TEKNIK ITS Vol.1, (Sept,2012) ISSN:2301-9271. Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, FTSP, ITS. Surabaya.
Kurniawati, A.T, Munir, M., 2017, “Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk Penentuan Rangking Penggunaan Lahan”, Journal Reseach and Technology, Juni 2017, Fakultas Teknik Universitas Nahdatul Ulama Sidoarjo.
Peraturan Pemerintah Daerah Perda Nomor 6 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Anita Theresia Kurniawati, & Misbahul Munir. (2017). ANALISIS SENSITIVITAS PERUBAHAN FUNGSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN SIDOARJO. Prosiding SNasPPM, 2(1), 35–38. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/78