PEMANFAATAN LIMBAH BEKAS RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA TANAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS WARGA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Novi Hendra Wirawan Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mario Fahmi Syahrial Universitas PGRI Ronggolawe
  • Riska Andriani Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Limbah Bekas Rumah Tangga, Media Tanam

Abstract

Desa Ngrayung merupakan salah satu Desa di Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban dengan pemukiman penduduk lebih rapat antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Wilayah desa dengan pemukiman yang padat penduduk dan terbatasnya lahan pekarangan rumah menjadi salah satu kendala warga masyarakat kesulitan dalam melakukan budidaya tanaman pangan. Permasalahan lingkungan di masyarakat selanjutnya yang selalu menjadi isu besar hampir di seluruh wilayah adalah masalah sampah yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan. Pertambahan jumlah penduduk  dan bertambahnya kegiatan manusia dalam lingkup rumah tangga berdampak terhadap peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan dari waktu ke waktu. Melihat kondisi yang ada, maka perlu sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban. Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan pelatihan pembuatan media tanam menggunakan barang bekas dari limbah rumah tangga. Diharapkan kegiatan ini menjadi jawaban atas permasalahan lingkungan yang ada di masyarakat Desa Ngrayung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban secara komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan di masa pandemi Covid-19.Permasalahan prioritas yang ingin segera ditangani dan diselesaikan oleh mitra dan telah disepakati bersama tim pengusul yaitu optimalisasi lahan pekarangan dengan melakukan pelatihan membuat  media tanam untuk membudidayakan tanaman dari barang bekas yang berasal dari limbah rumah tangga. Sebagai upaya transformasi informasi dan pemahaman masyarakat terhadap pengelolaan lingkungan di Desa Ngrayung sebagai solusi alternatif pemanfaatan lahan pekarangan terbatas, untuk meningkatkan  kebersihan dan kesehatan lingkungan dalam upaya mendukung produktifitas masyarakat di Desa Ngrayung.

References

[1] R. Andriani, M. I. Joesidawati, A. W. Nurudin, and Sriwulan, “Pendampingan Distribusi Bibit Tanaman dan Pemetaan Greenhouse pada Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Peningkatan Keamanan Pangan Segar (P2KP-PKPS) TP-PKK Desa se-Kabupaten Tuban,” in Prosiding Temu Ilmiah Nasional. Balitbang Jawa Timur, 2019, pp. 235–244.
[2] Sulistyorini, “Pengelolaan Sampah dengan Cara Menjadikannya Kompos,” Bagian Kesehat. Lingkung. FKM Univ. Airlangga, 2005.
[3] Kustiah, “Kajian Kebijakan Pengelolaan Sanitasi Berbasis Masyarakat,” 2005.
[4] Syafrudin, “Model Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (Kajian Awal Untuk Kasus Kota Semarang),” 2004.
[5] Mulyani and Sarwani, “Karakteristik dan potensi lahan sub optimal untuk pengembangan pertanian di Indonesia,” J. Sumberd. Lahan, vol. 2013, no. 7, p. 1.
[6] H. Kurniahu, R. Andriani, A. Rahmawati, and Sriwulan, “Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Budidaya Tanaman di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban,” Gervasi, vol. 4, no. 1, pp. 116–125, 2020.
[7] Gustia, “Pengaruh penambahan sekam bakar pada media tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica Juncea L.),” 2014.

[8] D. M. Dwiratna, N.P.S., Widyasanti, A., dan Rahmah, “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari,” Dharmakarya J. Apl. Ipteks untuk Masy., vol. 5, no. 1, pp. 19–22, 2016, doi: 10.24198/dharmakarya.v5i1.8873.
[9] E. Tando, “Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Melalui Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari ( m-KRPL ) dalam Mendukung Penerapan Teknologi Budidaya Sayuran Organik di Sulawesi Tenggara,” vol. 2, no. 1, pp. 14–22, 2018.
[10] P. Gita Mawar Sari, Fiya Diniarti Yoka Sindara, Wulandari, Prasentya, “Go Green Laboratory sebagai Solusi Mengurangi Penyakit Degeneratif di Desa Sukaraja Tahun 2018,” vol. 6, no. 2, pp. 35–40, 2018.
[11] N. K. D. D. Purwita, I. K. Kencana, and A. . N. Kusumajaya, “Gambaran Komsumsi Sayur dan Buah dengan Status Gizi Remaja di SMP Negeri 3 Kabupaten Badung,” J. Nutr. Sci. Vol.7 No.3 (Agustus, no. 2, pp. 57–63, 2018.
[12] Muta’ali, Dinamika peran sektor pertanian dalam pembangunan wilayah di Indonesia. UGM Press, 2019.
[13] R. Sugiarti and D. Gita, “Fruit And Vegetable Crops Varieties In The Semberejo,” vol. 3, pp. 65–76, 2018.
[14] U. Diharja, “Implementasi Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal Di Kota Lubuklinggau,” Universitas Terbuka, 2015.
[15] N. L. Widani, “Penyuluhan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja di Sos Desataruna Jakarta,” Patria, vol. 1, no. 1, p. 57, 2019, doi: 10.24167/patria.v1i1.1779.
Published
2021-08-28
How to Cite
Permata, R. D., Wirawan, N. H., Syahrial, M. F., & Andriani, R. (2021). PEMANFAATAN LIMBAH BEKAS RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA TANAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS WARGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding SNasPPM, 6(1), 253-257. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/780