PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN KEMAMPUAN TEKNIS MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Authors

  • Suzana Dewi Universitas Wijaya Putra
  • Suryo Atmojo
  • Muharom
  • Krisnadhi Hariyanto

Keywords:

Penilaian Kinerja Karyawan, Analytical Hierarchy Process (AHP), kuantitas, kualitas

Abstract

Surya Mas Megah Steel melakukan sebuah penilaian yang dilakukan terhadap prestasi kinerja dari para karyawannya serta bermaksud untuk memberikan reward dalam bentuk bonus bagi para karyawan yang berprestasi saat melaukan kegiatan pekerjaannya, dimana hal ini memiliki tujuan sebagai motivasi bagi karyawan guna mencapai dan mempertahankan kinerjanya yang terbaik. Tetapi, dalam kenyataannya, penilaian kinerja tersebut serta pemberian bonus tidak dilakukan dengan tepat sasaran. Hal ini disebabkan tidak adanya kriteria secara jelas dan pasti untuk melakukan penilaian kinerja yang merupakan poin-poin penting dalam penilaian kinerja. Selama ini penilaian kinerja berdasarkan pada perkiraan saja dan bukan berdasarkan pada hasil kerja yang telah dicapai oleh karyawan.

Penelitian ini akan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) guna merancang format penilaian kinerja karyawan. Rancangan penilaian menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) akan digunakan sebagai acuan bagi perusahaan untuk memberikan insentif yang didasarkan pada prestasi kinerja yang dicapai oleh karyawan.

Besar tiap bobot dari kriteria penilaian kinerja karyawan untuk atribut kemampuan kerja adalah kemampuan teknis. Bobot sub atribut kemampuan teknis adalah kuantitas, kualitas.

References

[1] Anshori Y., “Pendekatan Triangular Fuzzy Number Dalam Metode Analytic Hierarchy Process“, Jurnal Ilmiah Foristek Volume 2, Nomor 1, Maret 2012.
[2] Asfi M., Purnama Sari R., “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus : STMIK CIC Cirebon)”, Jurnal Informatika, Volume 6, Nomor 2, Desember 2010 : 131-144. [3] Wang, F., Yan, D., Zhang, W., Chi, B., Pu, J., & Jian, L., 2012. LaCo0.6Ni0.4O3-δ as Cathode Contact Material for Intermediate Temperature Solid Oxide Fuel Cells. International Journal of Hydrogen Energy, 30, 1-6.
[3] B.W. Taylor, Introduction to Management Science- Sains Manajemen (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat., 2014
[4] Dessler, Gary., (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi 10, Alih. Bahasa : Paramita Rahay, Indeks, Jakarta
[5] Edy, Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Media Group, Jakarta
[6] Fahmi, Irham, Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta., 2017
[7] Handoko, T.H., (2006). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
[8] Mangkunegara, A.A.P., (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung.
[9] Mulyono, Sri., (2006). Teori Pengambil Keputusan, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
[10] Salim, P., (2008). The Contemporay English-Indonesian Dictionary, Media Eka Pustaka, Jakarta.
[11] Septiana A.R., Hendarto M., “Analisis Usulan Kebijakan Solusi Kemacetan Lalu Lintas Di Kawasan Tembalang Semarang” , Jurnal Ekonomi Undip, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012 : 1-10.
[12] Suprihanto, J., (2006). Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, BPFE UGM, Yogyakarta.
[13] Stoner, James A.F., Freeman, E., dan Gibert, D., (2006). Manajemen, Simon & Schuster, Jakarta, Asia Pte. Ltd.
[14] Wignjosoebroto, S., (2006). Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja, Guna Widya, Jakarta.
[15] Winiarti S, Yuraida U., “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pendirian Warnet Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) Studi Kasus : PT. Pika Media Komunika“, Jurnal Informatika Volume 3, Nomor 2, Juli, 2009.

Additional Files

Published

2021-10-04

How to Cite

Suzana Dewi, Suryo Atmojo, Muharom, & Krisnadhi Hariyanto. (2021). PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN KEMAMPUAN TEKNIS MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Prosiding SNasPPM, 6(1), 787–789. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/786