RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBUKUAN JURNAL (GL)

Studi Kasus di Koperasi Karyawan Coca Cola Sier

  • Muhammad Harist Murdani Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Nurwahyudi Widiyanta Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Surya Priyambudi Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: Koperasi Karyawan, Sistem Informasi Pencatatan Jurnal (GL)

Abstract

Koperasi merupakan badan usaha yang banyak didirikan oleh perorangan maupun instansi di Indonesia. Koperasi dijalankan menggunakan azas kekeluargaan dan memiliki peran penting untuk membantu menyejahtrerakan anggotanya. Secara umum, permasalahan yang ada pada koperasi meliputi permasalahan pada sumber pembiayaan, inovasi bisnis, serta Sumber Daya Manusia yang kurang berpengalaman dalam menjalankan tugasnya sebagai staf atau pengurus koperasi. Koperasi Karyawan (Kopkar) Coca Cola SIER merupakan koperasi karyawan yang berada di bawah naungan PT Coca Cola Amatil Tbk. Jenis usaha yang dijalankan meliputi simpan pinjam, penyediaan barang dan jasa, serta beberapa unit usaha mandiri yang berada di bawah naungan kopkar Coca Cola secara langsung. Setiap akhir tahun, dilakukan audit eksternal pada setiap unit bisnis dan kopkar Coca Cola dengan tujuan untuk melihat tingkat kesehatan dari laporan finansial. Sebelumnya, proses pencatatan pemasukan dan pengeluaran dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyiapkan data laporan neraca dan rugi laba yang akan diaudit secara eksternal. Terlebih lagi, jika ada selisih pada hasil audit yang tidak sesuai. Tindak lanjutnya, harus dilakukan review ulang pada semua transaksi jurnal yang sudah dilakukan. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan sistem informasi yang digunakan untuk mencatat transaksi jurnal harian dan buku besar yang memudahkan pengurus kopkar Coca Cola dalam menjalankan tugasnya. Terutama ketika dilakukan audit, tidak memakan waktu yang terlalu lama dan pengerjaan bisa lebih efektif dan efisien. Sistem informasi ini mempermudah pengurus koperasi dalam memeriksa laporan keuangan. Transparansi pada sistem mengurangi adanya kecurangan yang dilakukan oleh staf koperasi yang bertanggung jawab pada laporan keuangan.

References

[1] P. Anoraga and D. Sudantoko, Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. 2002.
[2] Warno and S. W. Setiyanti, “Konsistensi Penerapan SAK Syariah pada Koperasi Syariah,” J. STIE Semarang, vol. 6, no. 2, pp. 50–63, 2014.
[3] D. B. SDM, Manajemen koperasi. 2010.
[4] T. Budirahayu, “Perkembangan koperasi di Jawa Timur Cooperative development in East Java,” Dialektika, vol. 13, no. 1, pp. 88–95, 2018.
[5] K. Susanti, “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi General Ledger Pada UD. Rajawali Bogor,” Peranc. Sist. Inf. Akunt., vol. 2, no. 4, pp. 1–6, 2017.
[6] Hanny, K. Kurniawati, B. S. F. Waruwu, and R. Pribadi, “Analisis Reidentifikasi Empat Masalah Utama Koperasi di Kabupaten Subang sebagai Dasar Penyusunan Strategi,” J. Akunt. Maranatha, vol. 9, no. 1, pp. 54–73, 2018, doi: 10.28932/jam.v9i1.491.
[7] Rainer, Prince, and Cegielski, An Introduction to Information Systems. Supporting and Transforming Business. 2013.
[8] A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Andi Publisher, 2014.
Published
2021-08-28
How to Cite
Murdani, M. H., Widiyanta, N., & Priyambudi, S. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBUKUAN JURNAL (GL). Prosiding SNasPPM, 6(1), 647-652. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/796