PROSES PEMBUATAN DAN PENGEMASAN YANG MENARIK PADA PRODUK TELUR ASIN KUKUS GUNA MENINGKATKAN HARGA JUAL

  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Jumiati Jumiati UNIROW
  • Muhammad Zainuddin UNIROW
Keywords: Pengemasan menarik, Telur Asin Kukus, Harga Jual

Abstract

ABSTRAK

Telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain telur ayam, telur bebek juga merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang diberikan dan proses pemeliharaannya. Kelompok Ibu-Ibu RT 10 Anyelir dan Tulip terbentuk pada tahun 2019 sebagai kelompok yang bergerak di bidang sosial. Pada awal pandemi  kelompok ini mengembangkan usaha Telur Asin, mengingat melimpahnya telur bebek dari peternak sehingga hal ini menjadi salah satu upaya dalam mengatasi solusi melimpahnya telur bebek. Produk telur asin yang dihasilkan kelompok RT 10  Anyelir dan Tulip sebenarnya sudah termasuk produk yang diminati konsumen, hal ini terbukti setiap panen selalu habis dan bahkan harus inden, meskipun dijual dengan harga yang relative murah. Tujuan dari pelatihan ini yaitu memberikan pengetahuan tentang proses pembuatan telur asin, proses pengukusan, pengemasan dan juga pemasaran online. Metode yang digunakan berupa pelatihan, praktik, diskusi dan pendampingan. Dari hasil angket peserta pelatihan peningkatan pengetahuan sebesar 44% yaitu dari sebelum diadakan pelatihan 14,7% dan setelah diadakan pelatihan 58,7%, artinya bahwa ada peningkatan pengetahuan tentang materi dan praktek yang disampaikan dalam pelatihan antara lain pengukusan telur yang benar, pelabelan menggunakan stiker dan pengemasan yang menarik. Target  kegiatan ini  sesuai permasalahan yaitu Proses pengukusan untuk memperpanjang daya awet ; Pelabelan pada cangkang menggunakan stiker serta kemasan karton dan tas kertas yang ramah lingkungan.

References

[1] Apriyanti, M.E, 2018. Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk. Lppmunindra sosio e-kons 10 (1) Jakarta.

[2] Lubis, A.N, 2010. Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis. Universitas Sumatra Utara.

[3] Novianti, A. 2019. Sistem Monitoring Pelabelan Pada Produk Pabrikan Berbasis Image Processing. Jakarta
Published
2021-08-28
How to Cite
Suprapti, Y., Jumiati, J., & Zainuddin, M. (2021). PROSES PEMBUATAN DAN PENGEMASAN YANG MENARIK PADA PRODUK TELUR ASIN KUKUS GUNA MENINGKATKAN HARGA JUAL. Prosiding SNasPPM, 6(1), 203-206. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/798