PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK AUDIO VISUAL PADA PELAJARAN AKUNTANSI

studi kasus di SMK PGRI 2 TUBAN

  • Inka Ana Afifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dumiyati Dumiyati Unirow
Keywords: Pengembangan, E-Modul, Flipbook, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa E-modul berbasis flipbook audio visual pada materi akuntasi pada materi buku beasar digunakan sebagai media dalam membantu belajar peserta didik kelas XI- Akuntansi di SMK PGRI 2 tuban. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data deskriptif. Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh 3 Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi desain media, dan validasi bahasa. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi ahli Materi sebesar 71% dinyatakan valid, ahli desain media sebesar 79,2% dinyatakan valid, dan ahli bahasa sebesar 84,2% dinyatakan valid, dan rata-rata hasil validasi dari respon peserta didik sebesar 76,9% dinyatakan valid. Mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut Ridwan (2011). Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul berbasis flipbook audio visual pada pelajaran akuntansi buku besar adalah layak digunakan untuk pembelajaran/penelitian selanjutnya.

References

Pornamasari, E. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Flipbook Maker Dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together(Nht) Berbasis Teori Vygotsky Materi Pokok Relasi Dan Fungsi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 7 No. 1: 74-83.
[2] Jannah, A., Rahmawati, I., & Reffiane, F. 2020. Keefektifan Model PBL Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Vol. 8 No. 3: 342-350.
[3] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
[4] Sukmadinata, Nana Syaodih.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
[5] Nikmah, Khasanatun.2018. Pengembangan Media Handout Berbasis Lingkungan Sosial Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sekola Menengah Atas Negeri 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Diakses 4 Agustus 2020
[6] Aghytia, S. 2020. Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Dengan Pendekatan Group Investigation Di Kelas XI MA Al-Hidayah Jenu. Skripsi tidak diterbitkan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
[7] Ulya, H. 2020. Validasi Pengembangan Petunjuk Pratikum Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Kelas X MA Manbail Futuh Beji. Skripsi tidak diterbitkan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Published
2021-08-28
How to Cite
Inka Ana Afifah, & Dumiyati, D. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK AUDIO VISUAL PADA PELAJARAN AKUNTANSI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 712-716. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/827