ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGGAHAN BERDASARKAN TEORI APOS

  • Roudlotus Sholihah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Peluang, Pemahaman Konsep Matematika, APOS

Abstract

Pembelajan dalam materi peluang membutuhkan logika berfikir serta pengalaman kehidupan sehari-hari. Penelitian deksriftif ini Penelitian ini yang berupaya untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) pada pokok bahasan peluang pada siswa kelas XIII-A di SMP Negeri 1 Singgahan. Selanjutnya mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematika siswa dan mengelompokannya kedalam empat tingkatan berdasarkan teori APOS, yaitu tingkatan aksi, proses, objek, dan skema. Subyek terdiri dari 3 siswa kelas VIII-A SMP yang diambil dengan purposive sampling serta mempunyai pemahaman konsep matematika yang berbeda-beda yaitu tinggi,sedang, dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti didukung dengan instrumen pendukung berupa 2 soal uraian pada tes pemahaman konsep matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan aksi dari ketiga subyek adalah mengetahui cara menyelesaikan soal peluang dan mampu menjelaskan secara verbal mengenai maksud dari soal tes yang diberikan. Subyek dengan pemahaman konsep matematika tinggi dan sedang menjelaskan secara lengkap dan terperinci sedangkan subyek dengan pemahaman konsep matematika rendah menjelaskannya secara sederhana dan menggunakan bahasa sepengetahuannya. Subyek dengan pemahaman konsep matematika tinggi dan sedang mencapai tahap proses. Pada tahap objek subyek dengan pemahaman konsep matematika tinggi dan sedang mampu mencapai dan memeuhi semua indikator pada tahap objek. Sedangkan subyek dengan pemahaman konsep matematika rendah hanya memenuhi (1) indikator tahap objek dari (3) indikator yaitu hanya mampu menjelaskan metode penyelesaian soal nomer 1. Skema yang dimiliki subyek dengan pemahaman konsep matematika tinggi adalah mampu mengembangkan konsep yang telah dipelajari, mampu menghubungkan aksi, proses, objek dari suatu konsep ke konsep lain.

References

[1] Achmad Gilang Fahrufhin, E. Z. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 15-20.
[2] Alifiani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 11-20.
[3] Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[4] Bella Tika Pramesti, H. L. (2020). Analisi Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP ditinjau dari Teori APOS. Jurnal Cendikia:Jurnal Pendidikan Matematika , 1054-1063.
[5] Dita Oktavihari, M. M. (2019). Penerapan LKM (Lembar Kerja Mahasiswa) untuk Melihat Pemahaman Konsep & Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika , 269-286.
[6] Elza Nora Yuliani, Z. ,. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 KUOK melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Pendidikan Matematika , 91-100.
[7] Fizi Herdian, W. W. (2019). Level Berfikir Siswa dalam Memahami Konsep dan Prinsip Bangun Ruang dengan Pendekatan Pembelajaran Etnomatematika Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika [1]Raflesia , 114-115.
[8] Hidayati, T. W. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMPP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 1078-1079.
[9] Khairani, N. (2017). Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori APOS di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIGMA , 47-55.
[10] Marsitin, R. (2017). Koneksi Matematis dan Berfikir Kreatif dalam Pembelajan Mateematika dengan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , 87-100.
[11] Marsitin, R. (2017). Koneksi Matematis dan Berfikir Kreatif dalam Pembelajaran dengan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , 87-100.
[12] Muhammad Ilman Nafi'an, D. H. (2017). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Mengonstruksi Pemahaman Konsep Aljabar Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Refleksi Edukatika , 75-79.
[13] Sari, D. P. (Mei 2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achievment Division. Jurnal Riset Pendidikan Matematika , 16-22.
[14] Sri Sulastri Natalia, P. S. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS pada Materi Persamaan Kuadrat ditinjau dari Minat Belajar kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun ajaran 2015/2016 . Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika , 104-117.
[15] Tri Wulandari, N. H. (2019). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika , 1079-1080.
Published
2021-08-28
How to Cite
Sholihah, R., & Nurfalah, E. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINGGAHAN BERDASARKAN TEORI APOS. Prosiding SNasPPM, 6(1), 702-711. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/841