VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS

  • Novi Puniyanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: pendekatan kontekstual, video animasi, matematika

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peranan penting. Matematika dipelajari disetiap jenjang pendidikan formal sebab dapat membantu berbagai persoalan sehari-hari. Namun minat dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika siswa masih rendah, hal itu deisebabkan karena siswa masih menganggap matematika mata pelajaran yang sulit dipelajari dan membosankan. Siswa masih kesulitan jika sudah dihadapkan dengan soal cerita dalam kehidupan sehari-hari terutama pada materi bangun ruang. Tingkat pemahaman siswa masih terbatas pada konsep yang dihafal tanpa mengetahui hubungannya dengan kehidupan nyata. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran video animasi matematika berbasis pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual sesuai dengan permasalahan yang dihadapi siswa saat ini, dengan menggunakan media video animasi berbasis pendekatan kontekstual diharapkan dapat menaikkan pemahaman siswa dan sebagai solusi kesulitan siswa jika dihadapkan dengan soal cerita dalam konteks kehidupan sehari- hari khususnya pada materi bangun ruang.  Penelitian ini adalah bertujuan untuk mengembangan video animasi matematika yang valid. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun, penelitian ini hanya terbatas pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi matematika dikatakan valid dengan mendapatkan skor dari ahli materi dan ahli media masing masing 4,55 dan 4,69 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik.

References

[1] S. Zahroh and R. S. Pontoh, “Education as an important aspect to determine human development index by province in Indonesia,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1722, no. 1, p. 12106.
[2] J. Jumrawarsi and N. Suhaili, “Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif,” Ensiklopedia Educ. Rev., vol. 2, no. 3, pp. 50–54, 2020.
[3] N. Q. Tayibu and A. N. Faizah, “Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 117–128, 2021.
[4] Z. Abidin, “Belajar Matematika di Era Covid-19,” 2020.
[5] T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018.
[6] S. Siburian, S. M. Hutagalung, and S. Daulay, “Development of Adobe Flash CS6 Learning Media in Short Story-Based on Learning Text of Advanced Local Community of Batak Toba Students in Tanjungmorawa,” Budapest Int. Res. Critics Linguist. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 591–599, 2020.
[7] A. Pratama, S. Ulfa, and H. Praherdhiono, “Pengembangan Video Animasi Budaya Reog Ponorogo sebagai Suplemen Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Sekolah Dasar,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 9–17, 2020.
[8] G. Nursyamsiah, S. Savitri, D. N. Yuspriyati, and L. S. Zanthy, “Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar,” MAJU J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, 2020.
[9] R. Gitriani, S. Aisah, H. Hendriana, and I. Herdiman, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP,” JRPM (Jurnal Rev. Pembelajaran Mat., vol. 3, no. 1, pp. 40–48, 2018.
[10] R. Destria, “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI POWTOON DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
[11] I. K. S. Yasa and G. N. S. Agustika, “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V Sekolah Dasar,” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 2, 2021.
[12] P. Rahayu and E. D. Ulul, “VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II,” J. Teladan J. Ilmu Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 111–
Published
2021-08-28
How to Cite
Novi Puniyanti, & Puji Rahayu. (2021). VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG LIMAS. Prosiding SNasPPM, 6(1), 375-380. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/851