VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN PERIODE PERMINTAAN BERBEDA (STUDI KASUS: PT AMANAH PRIMA INDONESIA)

Authors

  • Waluyo Prasetyo Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muchammad Tamyiz Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Logistik, Distribusi, VRP, Nearest Neighborhod

Abstract

Permasalahan transportasi seperti halnya persediaan, yaitu merupakan kegiatan yang dilakukan dalam logistik. Kegiatan tersebut memungkinkan kita untuk membuat produk di satu tempat dan mengkonsumsinya di tempat lain. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi performansi dari model jaringan distribusi dan memberikan usulan-usulan untuk perbaikan pada model pengiriman produk yang dilakukan. Metode yang digunakan untuk tujuan tersebut adalah menggunakan Algoritma Nearest Neighborhod. Kontribusi umum dari penelitian ini adalah penggunaan pengembangan usulan VRP ini pada distribusi produk perusahaan/instansi lainnya sehingga minimasi total biaya operasional, memperoleh waktu yang efektif, dan penggunaan jalur dan arus transportasi yang lancar. Hasil yang diperoleh adalah aplikasi Algoritma Nearest Neighbor untuk menentukan penentuan rute pendistribusian produk yang menghasilkan rute jarak terpendek. Kebutuhan untuk distribusi produk harus memperhatikan kapasitas truk/kendaraan yang digunakan.

References

Braysy, O., B. Gendreau, M. 2005. Vehicle Routing Problem with Time Windows, Part 1: Route Construction and Local Search Algorithms Inform. System Operation Research, 39:104-118.
Carić T., Galić A., Fosin J., Gold H. and Reinholz A., (2008). A Modelling and Optimization Framework for Real-World Vehicle Routing Problems.
Davis H. W. & Company, (2005). Survey of US Logistics Costs, www.establishinc.com.
Dethloff, J. (2001). Vehicle Routing and Reverse Logistic: The Vehicle Routing Problem with Simultaneous Delivery and Pick-up. OR Spektrum (23), 79-96.
Gunawan, P. 2012. Enhanced Nearest Neighbors Algorithm for Design of water Network. Chemical Engineering Science, 84:197-206.
G.B. Dantzig and J.H. Ramser. (1959). The Truck Dispatching Problem, Management Science, 6, 80- 91.
Goldsby T., and Martichenko R., (2005). Lean Six Sigma Logistics. J. Ross Publishing, Inc. Boca Raton, Florida.
Min, H. (1989). The multiple vehicle routing problem with simultaneous delivery and pick up points. Transportation Research A, 23,5, 377-386.
Mingyong, L., Erbao, C. (2010). An Improved Differential Evolution Algorithm for Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickups and
Deliveries and Time Windows. Journal Engineering Applications of Artificial Intelligence (23), 188-195.
Murata, T., Itai, R. (2005). Multi-objective vehicle routing problems using two-fold EMO algorithms to enhance solution similarity on non-dominated solutions, Proc. Of Third International Conference on Evolutionary Multi-Criterion Optimization, 885-896.
Nagy, G. Salhi. S.(2005).Heruistic Algorithm for Single and Multiple Depot Vehicle Routing Problems with Pickup Delivery. European Journal of Operational Research (162), 126-141.
Pop, Petrica Claudiu, et al. 2011. "Heuristic algorithms for solving the generalized vehicle routing problem." International Journal of Computers Communications & Control 6.1: 158-165.
Ropke S. & Pisinger D. 2006. A unified heuristic for a large class of Vehicle Routing Problems with Backhauls. European Journal of Operational Research 171: 750–775.
Toth P. dan Vigo, D., The Vehicle Routing Problema, 2002. SIAM. Philadelphia.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Waluyo Prasetyo, & Muchammad Tamyiz. (2017). VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN PERIODE PERMINTAAN BERBEDA (STUDI KASUS: PT AMANAH PRIMA INDONESIA). Prosiding SNasPPM, 2(1), 71–78. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/86