PENGEMBANGAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING KELAS VI TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 DI SDN SUKOHARJO

  • Sri Wijayanti Universitas PGRI Unirow Tuban
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan pelajaran. Penggunaan  fitur yang ada di prezi antara lain fitur zoomin dan zoomout serta prezi berbasis mind mapping akan mempermudah siswa dalam memahami materi, seerta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Penelitan ini dilaksanakan di SDN Sukoharjo. Merupakan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model Assure yang terdiri dari 6 langkah meliputi (1) analisis peserta didik, (2) menentukan standar dan tujuan, (3) memilih strategi dan sumber, (4) memanfaatkan sumber, (5) melibatkan partisipasi peserta didik, (6) evaluasi dan revisi. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu instrumen kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media pengembangan ini dengan presentase kelayakan (1) Hasil Validasi Ahli Materi ada 5 aspek yang dinilai dengan total skor 20, kelayakan yang dikembangkan sebesar 80%. Kualifikasi sangat layak  dapat digunakan tanpa revisi. (2) Hasil Validasi Ahli Media ada 8 aspek yang dinilai dengan total skor 30, kelayakan yang dikembangkan sebesar 75%. Termasuk kualifikasi layak tanpa revisi.(3) Hasil Validasi Ahli bahasa ada 3 aspek yang dinilai dengan total skor 13, kelayakan media yang dikembangkan sebesar 81%. Termasuk kategori sangat layak dapat digunakan tanpa revisi.(4) Hasil Validasi Ahli praktisi ada 4 aspek yang dinilai dengan total skor 19. Kelayakan media yang dikembangkan sebesar 95%. Pencapaian nilai tersebut termasuk kualifikasi sangat layak dapat digunakan tanpa revisi. Hasil respon pengguna (siswa) ada 4 aspek yang di nilai oleh 20 siswa, mendapat total skor keseluruhan 372. Kelayakan yang diperoleh sebesar 93%. Termasuk kualifikasi sangat layak tanpa revisi.

References

[1] D. R. A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti, “Pendidikan dalam masa pandemi covid-19,” J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020.
[2] T. Belawati, “Pembelajaran online,” Jakarta, Univ. Terbuka, 2019.
[3] M. Fathurrohman, “Model-Model Pembelajaran,” Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
[4] S. dan Hartono, Perkembangan peserta didik. 2018.
[5] A. Arsyad, Media Pembelajaran. 2013.
[6] Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. 2013.
[7] M. Y. RODHI, “Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor,” Inov. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, 2014.
[8] Z. Rusfiyan, Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. 2016.
[9] S. R. Pratiwi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING (PREPPING) PADA MUATAN PPKN,” Joyf. Learn. J., vol. 9, no. 1, pp. 41–46, 2020.
[10] A. Kadir, “Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada Mgmp Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2017,” Akad. J. Keagamaan dan Pendidik., vol. 14, no. 1, pp. 1–19, 2018.
[11] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. 2014.
[12] I. Prasetyo, “Teknik analisis data dalam research and development,” Jur. PLS FIP Univ. Negeri Yogyakarta, 2012.
[13] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. 2018.
[14] A. Muhson, “Teknik analisis kuantitatif,” Univ. Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2006.
[15] A. Sudijino, Pengantar Evaluasi Pendidikan. 2008.
Published
2021-08-28
How to Cite
Wijayanti, S., & Mizan, S. (2021). PENGEMBANGAN PREZI BERBASIS MIND MAPPING KELAS VI TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2 DI SDN SUKOHARJO. Prosiding SNasPPM, 6(1), 326-330. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/868