PERAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA TERBUKA DALAM MENGURANGI APREHENSI KOMUNIKASI PADA MAHASISWA

Authors

  • Amrullah Ali Moebin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Satya Irawatiningrum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pola Komunikasi Keluarga Terbuka, Aprehensi Komunikasi, Mahasiswa

Abstract

Adakalanya kita menemui orang-orang yang kurang percaya diri ketika berada di tengah- tengah orang lain. Orang yang kurang percaya diri akan cenderung menghindari situasi komunikasi. Dalam kajian disiplin ilmu komunikasi, rasa malu atau kecemasan tersebut dikenal dengan aprehensi komunikasi atau communication apprehension (CA). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban. Banyak mahasiswa di lingkungan tersebut yang ditengarai mengalami kecemasan komunikasi. Terbukti ketika ada diskusi, para mahasiswa lebih banyak diam dan ketika berbicara di depan umum untuk mempresentasikan tugas, pembicaraannya terpatah-patah. Ada juga mahasiswa yang menurut pengamatan peneliti tidak pernah berbicara sekali pun ketika berada di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola komunikasi keluarga terbuka dalam mengurangi aprehensi komunikasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Penelitian dilakukan di kampus Unirow Tuban, khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi dengan mengambil sampel sebanyak 9 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam yang telah disusun berdasarkan indikator dari Personal Report of Communication Apprehension (PRCA).

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Beck, Jeffrey A., Cha, J., Kim, S., Knutson, B.J. 2012. The Relationship Between Communication Apprehension And Satisfaction With Information Among Lodging Revenue Managers. Journal of Quality Assurance in Hospitality & TourismVol. 13 No 4 hlm 271-285.
Chaffee, S.H., McLeod, J.M, & Atkin,C.K. 1971.
Parental Influences on Adolescent Media Use. American Behavioral Scientest No. 14. hlm. 323-340 DeVito, J.A.1995. The Interpersonal Communication Book. Seventh Edition. New York: Harper Collins College Publisher.
Haslett, Beth. 1984. Acquiring Conversational Cmpetence. Western Journal of Speech Communication. Vol. 48. hlm.107-124.
Huang, Yuan. 2010. Family Communication Patterns, Communication Apprehension, Socio- Communicative Orientative Orientation: A Study of Chinese Students. A Thesis Presented to The Graduate Faculty of The University of Akron.
Hsu, C. F. 1998. Relationships Between Family Characteristic and Communications Patterns on Communication Apprehension Among College Students in Taiwan. Communication Report No 15 hlm 123-132.
McCroskey, J. C. 1997. Self-Report Measurement. In
J. A. Daly, et al. Avoiding Communication: Shyness, Reticence, and Communication Apprehension (hlm 191-216). Cresskill. NJ: Hampton Press
Milles, M.B and Huberman, M.A, 1984, Qualitative Data Analysis, London: Sage Publication

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Amrullah Ali Moebin, & Satya Irawatiningrum. (2017). PERAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA TERBUKA DALAM MENGURANGI APREHENSI KOMUNIKASI PADA MAHASISWA. Prosiding SNasPPM, 2(1), 79–82. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/87