PROFIL METAKOGNISI SISWA MTs DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Studi Kasus di MTs AL-MA'ARIF Cumpleng
Keywords:
Metakognisi, Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa MTs dalam memecahkan masalah ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metakognisi siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Cumpleng dalam memecahkan masalah dengan subjek tingkat kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah perbandingan yaitu melaksanakan semua aktivitas metakognisi yaitu indikator perencanaan, pemantauan dan penilaian tindakan di setiap tahap pemecahan masalah polya. subjek tingkat kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah perbandingan yaitu melaksanakan semua aktivitas memahami masalah. Pada tahap pada tahap merencanakan rencana pemecahan masalah hanya melaksanakan aktivitas metakognisis perencanaan tanpa melakukan pemantauan dan evaluasi. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah hanya melakukan aktivitas metakognisi perencanaan tanpa pemantauan dan penilaian. Sedangkan pada tahap memeriksa kembali, siswa tidak melakukan aktivitas metakognisi.
References
[2] H. Pengetahuan et al., “No Title,” pp. 1–61, 2020.
[3] H. N. Sam and A. Qohar, “Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah - Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 6, no. 2, p. 156, 2016, doi: 10.15294/kreano.v6i2.5188.
[4] R. Scherer and R. Tiemann, “Factors of problem-solving competency in a virtual chemistry environment: The role of metacognitive knowledge about strategies,” Comput. Educ., vol. 59, no. 4, pp. 1199–1214, 2012, doi: 10.1016/j.compedu.2012.05.020.
[5] A. F. Artzt and E. Armour-Thomas, “Mathematical problem solving in small groups: Exploring the interplay of students’ metacognitive behaviors, perceptions, and ability levels,” J. Math. Behav., vol. 16, no. 1, pp. 63–74, 1997, doi: 10.1016/s0732-3123(97)90008-0.
[6] S. Sengul and Y. Katranci, “Metacognitive Aspects of Solving Function Problems,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 46, no. 507, pp. 2178–2182, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.05.450.
[7] S. Bayat and R. A. Tarmizi, “Assessing cognitive and metacognitive strategies during algebra problem solving among university students,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 8, no. 5, pp. 403–410, 2010, doi: 10.1016/j.sbspro.2010.12.056.
[8] M. Massé and T. Lecomte, “Metacognitive profiles in individuals with a first episode of psychosis and their relation to social functioning and perceived social support,” Schizophr. Res., vol. 166, no. 1–3, pp. 60–64, 2014, doi: 10.1016/j.schres.2015.05.020.
[9] A. E. Glava and C. C. Glava, “Profiles of metacognitive reflection in future teacher university students,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 15, pp. 988–992, 2011, doi: 10.1016/j.sbspro.2011.03.226.
[10] T. Novita, W. Widada, and S. Haji, “Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Rejang Lebong,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 3, no. 1, pp. 41–54, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
[11] M. Sudia, “Profil metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa,” J. Ilmu Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 29–40, 2014, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7715.
[12] P. Studi, P. Matematika, U. N. Surabaya, P. Studi, P. Matematika, and U. N. Surabaya, “Profil Metakognisi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Siska Dyah Pratiwi Mega Teguh Budiarto,” pp. 179–186, 2014.