KLASIFIKASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA BERDASARKAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (MARS)

Authors

  • Erna Hayati Universitas Islam Lamongan
  • Diah Ayu Novitasari Universitas Islam Lamongan
  • Rosdiyati Universitas Islam Lamongan

Keywords:

Ketepatan Waktu, Klasifikasi, Laporan Keuangan, MARS

Abstract

Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan merupakan karakteristik kualitatif yang harus dipenuhi agar informasi yang dihasilkan oleh laporan keuangan tidak kehilangan daya guna dan relevansinya. Sebab penyampaian laporan keuangan tidak hanya untuk efektifitas pengawasan oleh Bapepam saja melainkan juga diperlukan oleh pemodal untuk mengambil keputusan dalam investasi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model untuk mengklasifikasikan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia berdasarkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dengan variabel-variabel yang berkontribusi dalam pengklasifikasian tersebut. Metode Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS) dipilih karena menurut beberapa peneliti, MARS menghasilkan ketepatan klasifikasi yang lebih tinggi dibandingkan metode klasifikasi yang lain. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Mengacu pada hasil penelitian sebelumnya, maka variabel prediktor (X) yang digunakan sebanyak 7 variabel. Hasil pemodelan menggunakan MARS, diperoleh model terbaik pada kombinasi BF = 21, MI = 3 dan MO = 2. Variabel yang berpengaruh terhadap model ada 5 variabel yaitu kepemilikan publik, profitabilitas, leverage keuangan dan ukuran perusahaan dan Reputasi KAP. Nilai GCV minimum yang dihasilkan sebesar 0,014 dengan nilai R2 sebesar 45,5 persen. Ketepatan klasifikasi yang dihasilkan sebesar 94,25 persen.

References

Carslaw, C.A.P.N., and Kaplan, S.E. 1991. An Examination of Audit Delay: Further Evidnece from New Zealand. Accounting and Business Research. Vol.22 (82), (Winter): pp:21-32.
Chang, Li-Yen. 2014. Analysis of Bilateral Air Passenger Flows: A Non Parametric Multivariate Adaptive Regression Spline Approach.Journal of Air Transport Man-agement 34 : 123-130.
Fitrianty, D.A., Wardhani, N.W.S., dan Soehono, L.A. 2013. Ketepatan Klasifikasi dengan Analisis Regresi Logistik dan Multivariate Adaptive Regression Spline pada Data Peubah Respon Biner. Jurnal Mahasiswa Statistik. Vol. 1 No. 4. Uni-versitas Brawaijaya.
Friedman, J. H. 1991. Multivariate Adaptive Regression Splines. The Annals of Statis-tics, Vol. 19, No. 1, hal. 1-141
Hayati, Erna. 2016. Perbandingan Analisis Diskriminan Linier, Regresi Logistik Biner, dan Radial Basis Function Neural Network (RBFNN) (Studi Kasus Pada Pengklasifikasian Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur di BEI). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi. Vol. I No. 1.
Hilmi, Utari dan Syaiful Ali. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perus-ahaan-perusahaan yang Terdaftar di BEJ). Simposium Nasional Akuntansi XI Ikatan Akuntan Indonesia.
Marathani, D.T. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyam-paian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang ter-dapat di Bursa efek Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 2 No.1. Universitas Brawaijaya.

Additional Files

Published

2019-09-28

How to Cite

Erna Hayati, Diah Ayu Novitasari, & Rosdiyati. (2019). KLASIFIKASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA BERDASARKAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE (MARS). Prosiding SNasPPM, 2(1), 83–88. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/88