DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENGENALAN MACAM-MACAM PROFESI ANAK USIA DINI

Studi kasus di Kelompok Bermain Taruna Bhakti

  • Dwinika Fitriani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: media pembelajaran, anak usia dini, profesi

Abstract

Media pembelajaran sangat berguna bagi berlangsungnya proses belajar mengajar karena Media pembelajaran berperan sebagai alat komunikasi yang menyalurkan informasi dari guru kepada anak. Media pembelaran yang kurang menarik atau hanya menggunakan media gambar saja akan membuat anak merasa cepat bosan dan tidak tertarik dengan pembelajran yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tahapan-tahapan dalam pembuatan media pembelajaran terhadap pengenalan macam-macam profesi pada anak usia dini serta pemanfaatan media tersebut terhadap anak usia dini. Penelitian awal ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian anak usia 3-4 tahun. Hasil penelitian awal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelaran sangat berpengaruh dalam pengenalan profesi pada anak usia dini karena media pembelajaran tersebut dapat menarik perhatian serta anak tidak mudah bosan pada saat pembelajaran berlangsung.

References

[1] I. Aristia and S. Ekayati, “UJI VALIDITAS MEDIA BUSY BOOK KAIN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN,” vol. 5, no. 2, pp. 180–182, 2020.
[2] R. Dwi Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020, doi: 10.29407/pn.v5i2.14230.
[3] R. Nugrahani, U. Pgri, and R. Tuban, “Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak- Kanak,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 1, no. 1, pp. 90–102, 2015.
[4] R. Rozalena and M. Kristiawan, “Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 76–86, 2017, doi: 10.31851/jmksp.v2i1.1155.
[5] Y. Yaswinda, Y. Yulsyofriend, and H. M. Sari, “Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 996–1008, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.711.
[6] D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini,” no. 2008, pp. 114–117, 2017.
[7] L. Izzati and U. N. Padang, “Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini,” vol. 4, pp. 472–481, 2020.
[8] N. Veronica, “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 49, 2018, doi: 10.30651/pedagogi.v4i2.1939.
[9] D. Nurmanto, “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM APLIKASI MAGIC BOOK PENGENALAN PROFESI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,” vol. 1, no. 1, pp. 36–42, 2020.
[10] D. Dian, H. Nasution, and A. S. Sukamto, “Aplikasi Pengenalan Mamapro (Macam-macam profesi) pada Anak Usia Dini,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, p. 169, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i4.27280.
[11] I. Rabbani, M. Rosaria, M. Ilham, D. Virgian, and S. Yudha, “Penerapan Augmented Reality pada Sistem Operasi Android untuk Pengenalan Profesi terhadap Anak Usia Dini Augmented Reality on an Android Operating System to Introduce the Children About Professions,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 309–316, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.41113.
[12] I. F. A. Aristia and S. Ekayati, “Meningkatkan keterampilan sains dalam analisis beragam rasa melalui media bahan alam,” 2020.
[13] A. Mahmudah and A. Pustikaningsih, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Smk Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 17, no. 1, pp. 97–111, 2019, doi: 10.21831/jpai.v17i1.26515.
[14] N. Nasution, Y. Yaswinda, and I. Maulana, “Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 240, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.311.
[15] azra aulia Ulfa and E. Rahmah, “Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang Azra,” J. Ilmu Inf. Perpust. dan Kearsipan, vol. 6, no. September, pp. 28–37, 2017.
Published
2021-08-28
How to Cite
Fitriani, D., & Sandra Ekayati, I. A. (2021). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENGENALAN MACAM-MACAM PROFESI ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 6(1), 499-502. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/882