INOVASI E-LEARNING ASYNCHRONOUS BERBASIS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19

  • Yosia Dian Purnama Windrayadi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Muhammad Yusuf Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Adanya pandemi Virus Covid-19 berdampak pada berbagai bidang, salah satunya pendidikan.Dalam
dunia pendidikan, perubahan metode mengajar pun harus dilakukan secara daring. Mahasiswa dan dosen
diimbau untuk melakukan proses belajar mengajar melalui metode jarak jauh. Hal ini mendatangkan efek positif
maupun kekurangan yang perlu dibenahi. Maka dari itu suatu keniscayaan apabila e-learning harus
dilaksanakan secara masif karena bersifat fleksibel dan lebih mudah diakses. Namun, di sisi lain metode elearning
juga
mengurangi
interaksi
dosen
dan
mahasiswa
serta
antarmahasiswa.
Keadaan
seperti
ini
menuntut

para

dosen untuk lebih selektif dan kreatif dalam memilih metode apa yang akan digunakan dan diterapkan
kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa tidak merasa cepat bosan ketika menerima materi dan mengerjakan
tugas-tugas yang diberikan dosen. Di sinilah peran dosen sangat diperlukan, mereka harus tetap menjalankan
tugas profesinya.. Semua itu bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan aplikasi mobile.
Nilai akhir yang didapat secara keseluruhan dari ahli media mencapai 87,6% yang menempati kriteria
Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari ahli materi mencapai 92,5%
yang menempati kriteria Sangat Kuat atau Sangat Baik. Nilai akhir yang didapat secara kesuluran dari
responden mencapai 86,47% yang menempati kriteria Sangat Kuat atau para responden Sangat Setuju
menggunakan media telegram ini digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

References

1. Arsyad, Azhar.2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
2. Delone, William And Mclean,
Ephraim.2003.” The DeLone and
McLean Model of Information
Systems Success: A Ten-Year
Update”. Journal of Management
Information Systems / Spring 2003,
Vol. 19, No. 4, pp. 9–30.
3. Herlambang, Arif; Asmawati,
Endah; Kartikasari, Fitri Dwi;
Siswantoro,Joko dan
Juliana,JoiceRuth.2012. Matematika
Farmasi. Malang :Bayumedia
Publishing
4. Ristekdikti.2016. Panduan Program
Insentif Bahan Ajar dan Pedoman
Pembelajaran. Jakarta: Direktorat
Pembelajaran.
5. Riduwan.2004.Belajar Mudah
Penelitian.Bandung: Alfabeta, Cv.
6. Saribekyan, Hayk dan
Margvelashvili, Akaki.2017.
Security Analysis of Telegram..
7. Simamora, Ns. Roymond H. 2009.
Buku Ajar Pendidikan dalam
Keperawatan. Jakarta : Buku
Kedokteran EGC.
8. Wibawa, Setya Chendra, & Schulte,
Svan. 2015. Beauty Media Learning
using Android Mobile Phone.
Tersedia:http://www.Ijirae.com/volu
mes/Vol2/iss11/05.RP10093.pdf
9. Windrayadi, Y. D. P. (2017).
TINGKAT PROFESIONALITAS
GURU DALAM PEMBELAJARAN
EKONOMI DI SMAN 1 SOOKO
MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan
Ekonomi, 10(1), 40-44.
10. Huda, M. M., & Windrayadi, Y. D. P.
(2020). KAJIAN KONDISI SOSIAL
EKONOMI MASYARAKAT
PENAMBANG BATU KAPUR DI
DESA LERANWETAN
KECAMATAN PALANG.
OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan
Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan
dan Koperasi, 1(02), 18-23.
Published
2021-10-06
How to Cite
Yosia Dian Purnama Windrayadi, & Muhammad Yusuf. (2021). INOVASI E-LEARNING ASYNCHRONOUS BERBASIS APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI SOLUSI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding SNasPPM, 6(1), 172-177. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/888