PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL BAGI PENGUSAHA TOKO KELONTONG

Authors

  • Fitri Rezeki STIE AKA Semarang

Keywords:

Model pendidikan dan Pelatihan, Gaya Kepemimpinan Transaksional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan dan pelatihan (diklat) gaya kepemimpinan transaksional bagi pengusaha toko kelontong. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengadopsi langkah pengembangan dari Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan yang dilaksanakan meliputi penelitian (perumusan model faktual), pengembangan (perumusan model hipotesis), validasi ahli, dan uji coba empiris (untuk menghasilkan model final). Data berbentuk kualitatif dikumpulkan dengan cara wawancara, pengamatan dan FGD. Data dianalisis secara kualitatif dengan teknik analisi data model Miles and Hubberman. Hasil penelitian berupa model pendidikan dan pelatihan (diklat) yang secara efektif dapat membekali pengusaha toko kelontong untuk mengimplementasikan gaya kepemimpinan transaksional di usaha yang dimilikinya. Disarankan kepada trainer atau konsultan toko kelontong untuk menggunakan model diklat ini ketika hendak melatih pengusaha toko kelontong dalam hal implementasi gaya kepemimpinan transaksional.

References

Bakker. B. A., Leiter, P. M. 2010. Work Engagement: A Handbook of Essential Theory and Research. New York: Psychology Press.
Achua. F. C., Lussier. N. R. 2013. Effective Leadership. South-Western Cengage Learning.
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Havranek. J. T. 1999. Modern Project Management Techniques For The Environmental Remediation Industry. Boca Raton: CRC Press LLC.
Stoner. A. F. J., Freeman. E., Gilbert. R. D. 2004. Management. Sixth Edition. New Jersey: Prentice-Hall.
Soekarso, Iskandar Putong, dan Cecep Hidayat, Kepemimpinan. Kajian Teoritis dan Praktis (Bogor: Mitra Wacana Media, 2015), h. 36.
Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku (Jakarta: Raja Grafindo, 2004)
Djoko Purwanto, Komunikasi Bisnis. Edisi Ketiga (Jakarta: Erlangga, 2006), h. 24
Fandy Tjiptono, Anastasi Diana, Total Quality Management. Edisi Keempat (Yogyakarta: Andi, 2001), h. 161.
Yukl Gary. Leadership in Organizations. New Jersey: Pearson. 2010.
Bernard M. Bass., Ruth Bass. The Bass Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications. (Simon and Schuster, 2009).

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Fitri Rezeki. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL BAGI PENGUSAHA TOKO KELONTONG. Prosiding SNasPPM, 2(1), 89–94. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/89