PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUANTUM LEARNING SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS V SDN PULOGEDE 1

  • Siti Eka Aisah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Novialita Angga Wiratama
Keywords: E-modul; Quantum Learning; ADDIE; Research and Development

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-modul berbasis quantum learning yang bersifat menarik inovatif, mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar siswa melalui e-modul berbasis quantum learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil validasi produk yang dilakukan oleh dua ahli mendapatkan skor 78,5% untuk ahli materi dengan kategori layak, 90% untuk ahli media dengan kategori sangat layak berdasarkan data hasil validasi produk maka, produk yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid dan dapat diujicobakan di lapangan.

References

[1] N. A. Sari and Y. Yuniastuti, “Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, Dan Pengemb., vol. 3, no. 12, pp. 1572–1582, 2018.
[2] N. A. Wiratama and N. Oktaviarini, “Analisis Minat Baca Siswa Kelas III pada Subtema Perkembangan Teknologi Transportasi MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung,” in Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 2019, vol. 3, no. 1, pp. 400–407.
[3] R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019.
[4] A. Sasmita and K. Fajriyah, “Pengembangan modul berbasis quantum learning tema ekosistem untuk kelas V Sekolah Dasar,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, 2018.
[5] H. I. Wahyuni and D. Puspari, “Pengembangan modul pembelajaran berbasis kurikulum 2013 kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan dan mengemukakan peraturan cuti,” JPEKA J. Pendidik. Ekon. Manaj. dan Keuang., vol. 1, no. 1, pp. 54–68, 2017.
[6] N. A. Wiratama and A. Agustin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas IV SDN Gedongombo 6 Kabupaten Tuban,” Efektor, vol. 8, no. 1, pp. 69–78, 2021.
[7] M. Fausih and D. T, “Pengembangan Media E-modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Lambang Bangkalan Madura,” 2015.
[8] S. W. Sudarman and I. Vahlia, “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 275–282, 2016.
[9] F. Afriani and N. Nalim, “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Circ. J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 59–70, 2021.
[10] M. Darkasyi, R. Johar, and A. Ahmad, “Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe,” J. Didakt. Mat., vol. 1, no. 1, 2014.
[11] Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 27th ed. ALFABET CV, 2018.
[12] N. Sugihartini and N. L. Jayanta, “Pengembangan e-modul mata kuliah strategi pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, 2017.
[13] T. K. A. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash di SD Negeri 4 Metro Barat.” IAIN Metro, 2019.
[14] K. Kuncahyono, “Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar,” JMIE (Journal Madrasah Ibtidaiyah Educ., vol. 2, no. 2, pp. 219–231, 2018.
[15] I. Laili, “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik,” J. Imiah Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 306–315, 2019.
Published
2021-08-28
How to Cite
Aisah, S. E., & Wiratama, N. A. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUANTUM LEARNING SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS V SDN PULOGEDE 1. Prosiding SNasPPM, 6(1), 349-353. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/894