PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA LIVE WORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS V DI MIM 14 PAMBON
Keywords:
Hasil Belajar, Blended Learning, Pembelajaran Matematika, Live WorksheetsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan strategi Blended Learning dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 14 Pambon. (2) Meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 14 Pambon melalui media live worksheets.(3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan Blended Learning pada pembelajaran matematika dengan media live worksheets. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara berkesinambungan. Menurut Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi (2017:194) penelitian tindakan kelas adalah: “penelitian tindakan sebagi bentuk investigasi yang bersifat reflektif partisipatif, kolaboratif dan spiral, yang memiliki untuk penerapan tindakan (observation) Hasil penelitian disimpulkan aktivitas guru siklus I baik, rata-rata 56 persentase 76,3%.pada siklus II baik sekali, rata-rata 65,7 persentase91,7%. Aktivitas peserta didik siklus I baik, rata-rata 49,55 persentase 88,47% dansiklus II baik sekali, rata-rata 52,33 persentase 93,45%.Hasi lbelajar peserta didik siklus I rata-rata 86 persentase75%, siklus II rata-rata 90 persentase 100%. Respon peserta didik sesudah penelitian persentase 85%kategori sangat kuatPembelajaran matematika dengan menggunakan media live worksheets dapat dijadikan sebagai contoh dalam pembelajaran bukan hanya pada materi pengolahan data, tetapi dapat disesuaikan dengan materi lain atau mata pelajaran lain, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Sebelum menerapkan hendaknya guru terlebih dahulu mendalami strategi, sehingga guru dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan dan tidak terjadi kelas yang tidak kondusif.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib,Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Andriyani, Novi, Yahya Hanafi, Irma Yulianti Budi Safitri, dan Srri Hartini. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheets untuk Meningkatkan keaktifan mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. In Prosiding Pendidikan Profesi Guru. 2(1): 122-132.
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fransisca, Monica. (2019). Penerapan Information and Communication Technology (ICT) dalam Pembelajaran di SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Kota Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6(1):12-19.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta:Prestasi Pustaka.
Iffah,J.D.N. (2021). Pengaruh penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Matematika.10(1):107-116
Munirah, Nurain Tuli dan Muh.Arif. (2019). Dampak Penerapan ICT Pada Pembelajaran IPS Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 6(2): 156-163.
Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education. 2(1): 1-12.
Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1): 128-135.
Pratama.R.W. dan Sri Mulyati. (2020). Pembelajran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia.1(2)49-59.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sudjana, Nana. (2014). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2018), metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.