PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN BISNIS UMKM DI WILAYAH KOTA BEKASI JAWA BARAT DI MASA PANDEMI COVID 19
Keywords:
Corporate social rsponsibility, Pertumbuhan ekonomi, UMKMAbstract
Abstrak
Penelitian ini menganalisis peranan Corporate Social responsibility dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Bisnis UMKM di Wilayah Kota Bekasi JAwa Barat di masapandemi Covid 19.Peranan Corporate Social Responsibility khususnya bagi pengusaha kecil dan menengah di masa PAndemi Covid 19.Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami seberapa jauh penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode content dengan 25 responden dan informan atas hasil wawancara jarak jauh dan dari perwakilan pelaku UMKM di wilayah kota bekasi AJwa Barat.Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dan membantu para pengusaha UMKM yang akan menerapkan Corporate Social responsibility dalam bisnis usahanyan dan sekitarnya dimas apandemi Covid 19 untuk meningkatkan kinerja usaha UMKM melalui program penguatan Corporate Social Responsibility,tepat sasaran,tepat waktu dalam mendukung suaha ekonomi kreatif UMKM dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang maskimal dan produktif.Batasan penelitian adalah pentingnya penerapan,pemahaman dan implementasi secara praktik dan praktis dalam menerapkan Corporate social responsoibility bagi layanan bosnis UMKM khususnya di wilayah kota bekasidan sekitarnya untuk tujuan meningkatkan layanan dan kinerja perusahaan dimas apandemi Covid 19.Adapun kontribusi dari penelitian inia dalah meningkatkan layanan corporate social responsibility secara optimal dan kinerja usaha bisnis UMKM dalam menjamin kelangsungan hidup perusahaan (going Concern) yang berorientasi pada optimalisasi produktifitas dan efisiensi dalam suaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan bisnis nasional dimasa pandemi Covid 19 di wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya.
Kata Kunci: Corporate social responsibility,Pertumbuhan ekonomi,UMKM