PEMBANGUNAN EKONOMI BERWAWASAN LINGKUNGAN MENUJU KETAHANAN PANGAN YANG BERKELANJUTAN
Keywords:
Ekonomi Lingkungan, Ketahanan PanganAbstract
Pembangunan ekonomi yang berwawasan lingkungan menitik beratkan pada sumber daya alam dan sumber daya manusia sebagai pengelola potensi daerah atau lingkungannya. Sumber daya alam yang dimaksud hanya terdiri dari hasil pertanian dan limbah organic, dan berdasarkan hasil pertanian dan limbah organic yang terdapat dalam suatu daerah khususnya pedesaan inilah permasalahan mulai muncul. Dimana permasalahan yang terdapat tiap-tiap daerah atau desa selalu berbeda sesuai dengan intuisi, empati, dan inovatif yang dilakukan oleh masyarakat dan pengelola atau pimpinan setempat yang secara umum adalah bagaimana cara mempertahankan pangan yang tersedia di alam untuk pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Membangun ekonomi khususnya pada ketahanan pangan dibutuhkan pelaksana-pelaksana yang memiliki rasa kepedulian akan masyarakat dan lingkungan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Dan jawaban yang dibutuhkan adalah untuk menyelesaikan penurunan tingkat kesuburan dan produktivitas lahan, berkurangnya daya dukung oleh masyarakat terhadap lingkungan, konversi lahan pertanian produktif yang semakin meningkat, lahan kritis yang semakin luas, meningkatnya pencemaran, kerusakan lingkungan, menurunnya nilai tukar uang, penghasilan menurun, demikian pula kesejahteraan petani, jumlah penduduk miskin dan pengangguran di pedesaan, dan adanya kesenjangan sosial di masyarakat Untuk mencapai tingkat ketercapaian tujuan seperti yang diharapkan dibutuhkan penanaman motivasi, pelatihan pemanfaatan lahan hingga pelatihan keterampilan, kemudian dilanjutkan ke pendampingan, pembinaan, hingga pengembangan atau pemasarannya. Langkah-langkah tersebut harus dilaksanakan oleh semua pihak, mulai dari pimpinan hingga masyarakat yang paling bawah, dan dibutuhkan pula tingkat kepeulian dan kerja keras yang tinggi serta rasa keiklasan untuk mencapai tujuan yang selalu berkelanjutan untuk kepentingan bersama
References
Dumiyati, Supiyanto,Astuty.2016.Kewirausahaan Berbasis Experiental Learning.Lamongan:CV Pustaka Ilalang Group
Kotler, Philip.2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia: analis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat
Laporan Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Masyarakat.2017.Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mendorong Pengentasan Kemiskinan danPeningkatan Daya Saing Perekonomian Daerah. Unirow di Desa Ngimbang Kec Palang Kab.Tuban T,A 2016/2017
Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat.2017.Unirow di Desa Planderejo Kec Plumpang Kab.Tuban T,A 2016/2017
Raharja P, Manurung M.2008. Pengantar Ilmu Ekonomi.Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Staton, William J.2001. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlanga
Sukirno Sadono.2013. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sholahuddin M.2007. Asas Asas Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siswanto HB.2005. Pengantar Manajemen.Jakarta: PT Bumi Aksara